Skip to main content

Posts

Soal UAS Manajemen Pemasaran - soal uas Digital marketing

1.     Konten marketing merupakan pendekatan pemasaran yang melibatkan pembuatan, penilaian, distribusi dan memperkuat konten yang menarik, relevan dan berguna untuk segmen pasar yang telah ditentukan dengan agar mereka dapat mendiskusikan konten dengan jelas, berdasarkan narasi pada soal hal - hal yang perlu di perhatikan oleh UMKM meliputi Target Pasar (Goal setting) Para pelaku UMKM harus memahami target pasar yang akan di bidik, Pemasar harus menentukan tujuan yang tepat dalam pembuatan konten dan distribusi. Tujuannya harus selaras dengan tujuan bisnis secara keseluruhan dan menentukan tujuan dapat membantu pemasar untuk merancang strategi pemasaran yang baik. Audience Mapping Dengan menggunakan pemanfaatan teknologi informasi serta bantuan jaringan media sosial seperti facebook Instagram google ads, para pelaku umkm bisa melakukan mapping audiens berdasarkan minat, gaya hidup sehingga promosi yang akan dilakukan pas di konsumen yang tepat, untuk biaya di google ads rela

Latihan soal Marketing digital - UTS manajemen pemasaran

  1.       Jelaskan perbedaan antara Pemasaran Konventional dengan pemasaran digital, dan berikan contoh untuk masing-masing. Pemasaran konvensional adalah proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan dengan pelanggan dengan tujuan menangkap nilai dari pelanggan sebagai imbalannya. Pada strategi pemasaran konvensional, biasanya menggunakan tools seperti advertising, brochures, PR, trade show/events, direct sales, personal selling. Mereka menggunakan tools tersebut untuk menarik dan meraih konsumen. Membuat iklan di stasiun televise dan radio secara teratur, mengadakan acara-acara baik acara individu maupun sponsor, membuat direct sales, dan meningkatkan personal selling. Para pemasar biasanya berupaya menyampaikan informasi tentang produk-produknya dan berupaya membujuk konsumen agar mau membeli produk mereka. Dalam komunikasi pemasaran, seseorang/pemasar harus bisa mengandalkan stimuli/rangsangan dari lingkungan luar dan dalam untuk mempengaruhi k

Kendala Pemasaran Interaktif adalah

  Kendala Pemasaran Interaktif. Pemasaran online menawarkan janji yang besar di masa depan. Penyampai informasi telah membayangkan suatu waktu ketika internet dan perdagangan elektronik akan menggantikan majalah, koran dan toko sekalipun, sebagai sumber informasi dan pembelian, namun demikian meskipun ada kemajuan dan janji-janji tersebut ada tantangan yang di hadapi para pemasar online yaitu: a.        Keterpaparan dan pembelian konsumen yang terbatas: meskipun berkembang dengan cepat, pemasaran online masih mencapai ruang pasar yang terbatas. Lagi pula banyak pengguna internet lebih banyak melakukan Windows Browsing daripada pembelian actual. b.        Demografis dan psikografis pengguna menjadi menyimpang: meskipun khalayak internasional semakin menjadi arus utama, para pengguna online masih cenderung terdiri dari kalangan atas dan lebih berorientasi secara teknis daripada populasi umum. Itu membuat pemasaran online ideal untuk memasarkan perangkat keras dan perangkat lunak komp

Alternatif Strategi Periklanan yang kreatif

  1.    Functional Orientation, yakni strategi periklanan yang berorientasi pada kebutuhan konsumen untuk manfaat kongkret/fisik/tangible dari suatu produk/jasa yang diiklankan. Bentuk strategi periklanan yang dilakukan adalah Unique Selling Proposition (pernyataan penjualan yang unik). Shimp (2003) menyatakan :”…..with the Unique Selling Proposition (USP) advertiser make a superiority claim based on unique product attribute that represents a meaningful, distinctive consumer benefit” artinya dengan pernyataan penjualan yang unik pengiklan mengklaim keunggulan mereknya atas atribut produk yang memberikan arti dan manfaat berbeda bagi konsumen. Strategi ini dikembangkan oleh Rosser Revess, (1990) yang menyatakan bahwa strategi ini sangat cocok dilakukan oleh perusahaan dengan produk yang memiliki manfaat fisik yang menjadi keunggulan kompetitifnya, dan tidak mudah ditiru oleh pesaingnya. Contoh dalam periklanan di Indonesia, periklanan pasta gigi Sensodyn menerapkan strategi ini. Senso