1.
Konten
marketing merupakan pendekatan pemasaran yang melibatkan pembuatan, penilaian,
distribusi dan memperkuat konten yang menarik, relevan dan berguna untuk segmen
pasar yang telah ditentukan dengan agar mereka dapat mendiskusikan konten dengan
jelas, berdasarkan narasi pada soal hal - hal yang perlu di perhatikan oleh
UMKM meliputi
Target
Pasar (Goal setting)
Para
pelaku UMKM harus memahami target pasar yang akan di bidik, Pemasar harus
menentukan tujuan yang tepat dalam pembuatan konten dan distribusi. Tujuannya
harus selaras dengan tujuan bisnis secara keseluruhan dan menentukan tujuan
dapat membantu pemasar untuk merancang strategi pemasaran yang baik.
Audience
Mapping
Dengan
menggunakan pemanfaatan teknologi informasi serta bantuan jaringan media sosial
seperti facebook Instagram google ads, para pelaku umkm bisa melakukan mapping
audiens berdasarkan minat, gaya hidup sehingga promosi yang akan dilakukan pas
di konsumen yang tepat, untuk biaya di google ads relative terjangkau, google ads
memberikan bisa mengelompokan suaut segmen, misalkn di Indonesia orang yang
suka makanan olahan, maka secara automatis iklan akna tampil pada orang orang
yang suka makanan olahan.
Content
Ideation and Planning
Dalam
pembuatan konten para pelaku umkm bisa menggunakan handphone untuk mengedit
atau membuat konten sehingga bisa mnajdi lebih menarik, dalam pembuatan konten
bisa menggunakan adobe photoshop canva coreldraw sehingga foto bisa lebih
menarik perhatian konsumen.
Budget
Pelaku
umkm harus mempertimbangkan budget yang akan digunakan, hal itu bisa ditentukan
dari berapa lama iklan akan tampil di media online, di google Instagram
facebook memberikan harga yang variative, dengan biaya serratus ribu bisa
menjangkau sekitat 2rbu – 3 rbu audien yang kita targetkan.
Content
Distribution
Ada 3 kategori utama saluran media yang dapat digunakan
yaitu :
a.
Dimiliki
Bisa menggunakan whatsapp ,
Instagram, facebook, untuk pemula alangkah baiknya menggunakan platfrom gratis,
bisa juga bekerjasa dengan dinas terkait untuk di promosikan,
Para pelaku umkm juga bisa
menggunakan media eccomerce Tokopedia bukalapak shopee, saya sarakan shoppe,
karena shoppe banyak program reward dan ada level seller, saya sangat
merekomendasikan shoppe, apabila memiliki modal para pelaku umkm bisa melakukan
promosi berbayar di shoope sehingga muncul di halaman pencarian pertama shoppe,
begitu juga di Tokopedia dan bukalapak, mereka menawarkan biaya minimal 50ribu
rupiah dalam durasi 1 minggu agar produk tampil di halaman pertama
b.
Berbayar
Menggunakan google ads, Instagram
ads, facebook ads, serta bisa bekerjasama dengan media berita seperti
detik.com, agar bisa tampil di beranda mereka.
Contoh Ketika beriklan di google
ads, di sini langsung tercantum no hp penjual, apabila pelaku umkm sudah
mempunyai katalog di shopee bisa langsung di integrasikan agar para audien bisa
melihat produk produk yang di jual.
Pelaku UMKM juga bisa melakuka
promosi mulut ke mulut, ini lebih efektif karena bisanya untuk kalangan ibu ibu
itu cepat ramai, karena langsung ada testimoni.
selain dari sisi marketing, pelaku umkm juga harus bisa membuat packaging
produk yang rapi, jangan sampai dari segi iklan menarik tetapi Ketika datang ke
konsumen tidak rapi, Ketika konsumen membeli dari ecomeerce dari shopee
misalnya, ini akan sangat mempengaruhi, karena menyangkut rating bintang,
apabila pelapak atau pelaku umkm mempunyai rating review yang bagus di sana
bisa mencipatakan bauran pemasaran yang efektif yang tentunya akan sangat
menguntungkan penjual.
2.
omnichannel
marketing merupakan pendekatan pemasaran yang mengintegrasikan banyak kanal
untuk menciptakan pengalaman pelanggan secara efektif sekaligus konsisten. Langkah
yang dapat di lakukan oleh pelaku umkm dalam omnichannel markering adalah
mobile commerce.
Pada zaman sekarang di dominasi oleh
interaksi mobile, konektivitas mendorong kebutuhan pelanggan sesegera
terpenuhi, saaat pelanggan ingin membeli sesuatu , saat itu juga mereka bisa
membelinya, ini ksemptan bagi para pelaku umkm itu sndiri, contohnya para
pelaku UMKM makanan ringan selain berjualan di marketplace online bisa juga
bergabung dengan grab gojek, tanpa ribet mereka mempunyai warung online,
Sekarang semunya serba praktis, ini ddapat dimanfaatkan oleh pelaku umkm, grab
mematok 20% dari harga jual , harga ini masih relative terjangkau, di aplikasi
grab gojek juga konsumen bisa memberikan rating makanan, semakin banyak rating
maka penjual bisa direkomendasikan oleh aplikasi grab Ketika konsumen membuka
tampilan awal aplikasi.
contohnya , beberapa pedagang gudeg
jojga yang pada mulanya tidak menjual secara online, mereka pada akhirnya ikut
berjualan secara online melalui grab gojek. Ini juga dapat dilakukan oleh umkm
lainnya yang tidak hanya dalam bidang kuliner, dalam kerajinan pun bisa, karena
di grab gojek ada jasa gosend, grabexpress itu bisa digunakan.
Web rooming
Teknologi digital di dalam toko ini
diklaim mampu memberi pengalaman yang baik yang mendukung komitmen mereka
membeli produk, saya pribadi Ketika akan membeli produk di marketplace melihat
bintang yang diperoleh kemudian komentarnya bagus2 itu dapat membuat konsumen
tertarik, para pelaku umkm yang belum mengetahui omnichannel marketing di
harapkan bisa mengaplikasikanya, dinas terkait bisa memberikan pelatihan akan
hal ini, agar walaupun di masa pandemic para pelaku umkm bisa mendapatkan hasil
yang baik. Contoh pengalaman konsumen yang dapat menarik perhatian audien
seperti pada gambar di bawah ini
Sumber shopee
omnichannel
marketing lainnya pelaku umkm bisa membuat poster billboard, bisa juga
melakukan Kerjasama dengan dinas terkait agar ditampilkan di halaman web
mereka, semakin banyak produk terlihat audien semakin besar juga peluang untuk
meningkatkan penjualan
3.
attention
agar bisa menarik perhatian konsumen para pelaku umkm bisa menggunakan strategi
jasa influencer atau selebgram untk memperkenal produk, tetapi hal ini perlu di
perhitungkan dengan biaya, biasanya mereka memberikan jenis jasa iklan, iklan
hanya tampil di story atau hanya di posting di profil mereka atau di keduanya.
Selain melalui influencer bisa juga
bekerjsama dengan youtuber , produk bisa dicantumkan dalam video mereka
sehingga tayangan iklan terus menerus dilihat oleh audiens.
Interest
Pelaku umkm bisa memberikan
keunggulan produknya dalam olahan makanan bisa diperlihatkan dengan varian rasa
yang berbeda atau produknya bisa tahan berapa lama tanpa pengawet, harga yang
terjangkau Ketika menggunana jasa influencer hendaklah persiapkan produk yang
menarik, agar audiens Penasaran untuk melihatnya.
Desire
Pada tahap ini pelau umkm bisa
memberikan promosi yang , misalnya pembelian sebelum tanggal 31 dapat potongan
sekian %, bisa juga memberikan promo beli 1 dapat 4 misalnya, untuk di
marketplace online biasanya ada program seperi harbolnas, flash sale, pelaku umkm
bisa mengikuti program tersebut agar menarik perhatian konsumen.
Action
Pada tahap ini bisa dikatan tahap
trial dimana konsumen akan memutuskan untuk membeli kembaliaatau tidak, hal
perlu diperhatikan adalah berikan pelayanan yang memuaskan agar konsumen
memperoleh pangalaman belanja yang menyenangkan setelah menyenangkan konsumen
akan menjadi loyal dengan sendirinya.
4.
CRM
bisa diterapkan pada usaha UMKM, pada saat beriklan di media berbayar , dari
sana bisa mendapatkan data konsumen dari segi usia jenis kelamin dan data
lainnya, ini bisa dijadikan patokan untuk melakukan promosi Kembali serta dapat
melihat jumlah klik yang melihat produk kita,
selain itu untuk mendapatkan data dari suatu daerah perusahaan UMKM tidak
perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan data pelanggan,
pelaku umkm bisa menggunakan audien blaster untuk mengambil data melalui
facebook misalnya. Alat ini bisa mendapatkan email no handphone dari pengguna
facebook, hal ini bisa gunakan dalam direct selling dan bisa menghemat biaya,
kemudian ketentuan whatsapp pada decade ini akan dintegrasikan dengan facebook
hal ini tentu bisa cepat dapat mengiklankan produk, karena data saling
teritegrasi, maka walaupun perusahaan umkm yang baru merintis tidak perlu
khawatir Ketika ingin mendapatkan data pelanggan baik itu data pelanggan di
suatu negara ataupun mancanegara.
Contoh pengalikasian yang dapat
dilakukan oleh umkm, Langkah pertama adalah
a. identifikasi target segmen, bisa
menggunakan google trend,
Berikut hasil riset sederhana
Comments
Post a Comment