Skip to main content

Soal UAS Manajemen Pemasaran - soal uas Digital marketing



1.    Konten marketing merupakan pendekatan pemasaran yang melibatkan pembuatan, penilaian, distribusi dan memperkuat konten yang menarik, relevan dan berguna untuk segmen pasar yang telah ditentukan dengan agar mereka dapat mendiskusikan konten dengan jelas, berdasarkan narasi pada soal hal - hal yang perlu di perhatikan oleh UMKM meliputi

Target Pasar (Goal setting)

Para pelaku UMKM harus memahami target pasar yang akan di bidik, Pemasar harus menentukan tujuan yang tepat dalam pembuatan konten dan distribusi. Tujuannya harus selaras dengan tujuan bisnis secara keseluruhan dan menentukan tujuan dapat membantu pemasar untuk merancang strategi pemasaran yang baik.

Audience Mapping

Dengan menggunakan pemanfaatan teknologi informasi serta bantuan jaringan media sosial seperti facebook Instagram google ads, para pelaku umkm bisa melakukan mapping audiens berdasarkan minat, gaya hidup sehingga promosi yang akan dilakukan pas di konsumen yang tepat, untuk biaya di google ads relative terjangkau, google ads memberikan bisa mengelompokan suaut segmen, misalkn di Indonesia orang yang suka makanan olahan, maka secara automatis iklan akna tampil pada orang orang yang suka makanan olahan.

Content Ideation and Planning

Dalam pembuatan konten para pelaku umkm bisa menggunakan handphone untuk mengedit atau membuat konten sehingga bisa mnajdi lebih menarik, dalam pembuatan konten bisa menggunakan adobe photoshop canva coreldraw sehingga foto bisa lebih menarik perhatian konsumen.

Budget

Pelaku umkm harus mempertimbangkan budget yang akan digunakan, hal itu bisa ditentukan dari berapa lama iklan akan tampil di media online, di google Instagram facebook memberikan harga yang variative, dengan biaya serratus ribu bisa menjangkau sekitat 2rbu – 3 rbu audien yang kita targetkan. 

Content Distribution

Ada 3 kategori utama saluran media yang dapat digunakan yaitu :

a.       Dimiliki

Bisa menggunakan whatsapp , Instagram, facebook, untuk pemula alangkah baiknya menggunakan platfrom gratis, bisa juga bekerjasa dengan dinas terkait untuk di promosikan,

Para pelaku umkm juga bisa menggunakan media eccomerce Tokopedia bukalapak shopee, saya sarakan shoppe, karena shoppe banyak program reward dan ada level seller, saya sangat merekomendasikan shoppe, apabila memiliki modal para pelaku umkm bisa melakukan promosi berbayar di shoope sehingga muncul di halaman pencarian pertama shoppe, begitu juga di Tokopedia dan bukalapak, mereka menawarkan biaya minimal 50ribu rupiah dalam durasi 1 minggu agar produk tampil di halaman pertama

b.       Berbayar

Menggunakan google ads, Instagram ads, facebook ads, serta bisa bekerjasama dengan media berita seperti detik.com, agar bisa tampil di beranda mereka.

 

Contoh Ketika beriklan di google ads, di sini langsung tercantum no hp penjual, apabila pelaku umkm sudah mempunyai katalog di shopee bisa langsung di integrasikan agar para audien bisa melihat produk produk yang di jual.



Pelaku UMKM juga bisa melakuka promosi mulut ke mulut, ini lebih efektif karena bisanya untuk kalangan ibu ibu itu cepat ramai, karena langsung ada testimoni.
selain dari sisi marketing, pelaku umkm juga harus bisa membuat packaging produk yang rapi, jangan sampai dari segi iklan menarik tetapi Ketika datang ke konsumen tidak rapi, Ketika konsumen membeli dari ecomeerce dari shopee misalnya, ini akan sangat mempengaruhi, karena menyangkut rating bintang, apabila pelapak atau pelaku umkm mempunyai rating review yang bagus di sana bisa mencipatakan bauran pemasaran yang efektif yang tentunya akan sangat menguntungkan penjual.

 

2.       omnichannel marketing merupakan pendekatan pemasaran yang mengintegrasikan banyak kanal untuk menciptakan pengalaman pelanggan secara efektif sekaligus konsisten. Langkah yang dapat di lakukan oleh pelaku umkm dalam omnichannel markering adalah
mobile commerce.

Pada zaman sekarang di dominasi oleh interaksi mobile, konektivitas mendorong kebutuhan pelanggan sesegera terpenuhi, saaat pelanggan ingin membeli sesuatu , saat itu juga mereka bisa membelinya, ini ksemptan bagi para pelaku umkm itu sndiri, contohnya para pelaku UMKM makanan ringan selain berjualan di marketplace online bisa juga bergabung dengan grab gojek, tanpa ribet mereka mempunyai warung online, Sekarang semunya serba praktis, ini ddapat dimanfaatkan oleh pelaku umkm, grab mematok 20% dari harga jual , harga ini masih relative terjangkau, di aplikasi grab gojek juga konsumen bisa memberikan rating makanan, semakin banyak rating maka penjual bisa direkomendasikan oleh aplikasi grab Ketika konsumen membuka tampilan awal aplikasi.

contohnya , beberapa pedagang gudeg jojga yang pada mulanya tidak menjual secara online, mereka pada akhirnya ikut berjualan secara online melalui grab gojek. Ini juga dapat dilakukan oleh umkm lainnya yang tidak hanya dalam bidang kuliner, dalam kerajinan pun bisa, karena di grab gojek ada jasa gosend, grabexpress itu bisa digunakan.

Web rooming

Teknologi digital di dalam toko ini diklaim mampu memberi pengalaman yang baik yang mendukung komitmen mereka membeli produk, saya pribadi Ketika akan membeli produk di marketplace melihat bintang yang diperoleh kemudian komentarnya bagus2 itu dapat membuat konsumen tertarik, para pelaku umkm yang belum mengetahui omnichannel marketing di harapkan bisa mengaplikasikanya, dinas terkait bisa memberikan pelatihan akan hal ini, agar walaupun di masa pandemic para pelaku umkm bisa mendapatkan hasil yang baik. Contoh pengalaman konsumen yang dapat menarik perhatian audien seperti pada gambar di bawah ini


Sumber shopee


omnichannel marketing lainnya pelaku umkm bisa membuat poster billboard, bisa juga melakukan Kerjasama dengan dinas terkait agar ditampilkan di halaman web mereka, semakin banyak produk terlihat audien semakin besar juga peluang untuk meningkatkan penjualan

 

3.       attention
agar bisa menarik perhatian konsumen para pelaku umkm bisa menggunakan strategi jasa influencer atau selebgram untk memperkenal produk, tetapi hal ini perlu di perhitungkan dengan biaya, biasanya mereka memberikan jenis jasa iklan, iklan hanya tampil di story atau hanya di posting di profil mereka atau di keduanya. Selain melalui influencer bisa juga  bekerjsama dengan youtuber , produk bisa dicantumkan dalam video mereka sehingga tayangan iklan terus menerus dilihat oleh audiens.

Interest

Pelaku umkm bisa memberikan keunggulan produknya dalam olahan makanan bisa diperlihatkan dengan varian rasa yang berbeda atau produknya bisa tahan berapa lama tanpa pengawet, harga yang terjangkau Ketika menggunana jasa influencer hendaklah persiapkan produk yang menarik, agar audiens Penasaran untuk melihatnya.

Desire

Pada tahap ini pelau umkm bisa memberikan promosi yang , misalnya pembelian sebelum tanggal 31 dapat potongan sekian %, bisa juga memberikan promo beli 1 dapat 4 misalnya, untuk di marketplace online biasanya ada program seperi harbolnas, flash sale, pelaku umkm bisa mengikuti program tersebut agar menarik perhatian konsumen.

Action

Pada tahap ini bisa dikatan tahap trial dimana konsumen akan memutuskan untuk membeli kembaliaatau tidak, hal perlu diperhatikan adalah berikan pelayanan yang memuaskan agar konsumen memperoleh pangalaman belanja yang menyenangkan setelah menyenangkan konsumen akan menjadi loyal dengan sendirinya.

4.       CRM bisa diterapkan pada usaha UMKM, pada saat beriklan di media berbayar , dari sana bisa mendapatkan data konsumen dari segi usia jenis kelamin dan data lainnya, ini bisa dijadikan patokan untuk melakukan promosi Kembali serta dapat melihat jumlah klik yang melihat produk kita,  selain itu untuk mendapatkan data dari suatu daerah perusahaan UMKM tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan data pelanggan, pelaku umkm  bisa menggunakan audien blaster untuk mengambil data melalui facebook misalnya. Alat ini bisa mendapatkan email no handphone dari pengguna facebook, hal ini bisa gunakan dalam direct selling dan bisa menghemat biaya, kemudian ketentuan whatsapp pada decade ini akan dintegrasikan dengan facebook hal ini tentu bisa cepat dapat mengiklankan produk, karena data saling teritegrasi, maka walaupun perusahaan umkm yang baru merintis tidak perlu khawatir Ketika ingin mendapatkan data pelanggan baik itu data pelanggan di suatu negara ataupun mancanegara.

Contoh pengalikasian yang dapat dilakukan oleh umkm, Langkah pertama adalah
a.  identifikasi target segmen, bisa menggunakan google trend,

Berikut hasil riset sederhana




 


Berdasarkan hasil riset sederhana diatas terlihat bahwa pada suatu daerah terdapat minat yang berbeda, data diatas merupakan contoh . hal ini bisa menjadi dasar dalam marketing online bagi para pelaku umkm ketika ingin memulai bisnis dan akan berusaha melakukan promosi, agar promosi yang digunakan bisa tepat sasaran. apabila perusahaan umkm yang berada di wilayah lingkungan mahasiswa kemudian menjual makanan ringan bisa menggunkan SEO lokal.

Comments

Popular posts from this blog

Penghargaan Intrinsik dan Ekstrinsik

Penghargaan Intrinsik dan Ekstrinsik Penghargaan Intrinsik diartikan sebagai penghargaan yang didapatkan bisa melalui pribadi itu sendiri oleh seseorang. Hal ini bisa membuat perasaan puasa tau bisa juga sebagai terima kasih dan perasaan yang begitu bangga dengan pekerjaan yang telah dilakukan dengan tepat oleh karyawan. Kemudian penghargaan Ekstrinsik ialah  penghargaan yang ditimbulkan dari luar orang tersebut, contohnya salah seorang karyawan yang mendapat pujian dari atasannya. penghargaan Intrinsik maupun ekstrinsik sama-sama mempunyai nilai tersendiri. Penghargaan Ekstrinsik Penghargaan Finansial : Gaji dan Upah Uang merupakan penghargaan ekstrinsik yang utama. Ini merupakan tantangan yang sulit bagi manajer. Lain halnya apabila seroang karyawan dapat melihat hubungan antara kinerja dan kenaikan yang diberikan, uang tidak akan menjadi motivator yang kuat. Beberapa perusahaan menggunakan berbagai strategi cara dalam merencakan insentif agar bisa memotivasi karyawannya. Seroang ah

20 Easy Home Decor Ideas That Will Instantly Transform Your Space

  If your home is due for a design update but you have a limited budget and even less time, you're in the right place. We thought of 20 home décor ideas to help you start. With something as simple as an accent wall, colorful light bulb, or new throw pillow (or forty seven other home décor ideas if those aren't up your redecorating alley), your entire space can feel fresh, on-trend but timeless, and refined. You can tackle each of these decorating ideas in one day, even though the results will look like it took way longer to pull off.   Set Up a Cozy Reading Spot Heidi Caillier Design No designated reading nook? No problem. If your home doesn't have any leftover real estate to convert into a reading nook, design your formal living room to serve double duty as a cozy lounge area. Here, Heidi Caillier strategically chose furniture with fabrics and shapes that are both so

Understanding and Managing Individual Behavior - how to focus and goals of organizational behavio

  Focus of Organizational Behavior Based predominantly on contributions from psychologists, this area includes such topics as attitudes, personality, perception, learning, and motivation. Second, OB is concerned with group behavior, which includes norms, roles, team building, leadership, and conict. Our knowledge about groups comes basically from the work of sociologists and social psychologists. Finally, OB also looks at organizational aspects including structure, culture, and human resource policies and practices. We’ve addressed group and organizational aspects in previous chapters. In this chapter, we’ll look at individual behavior. Goals of Organizational Behavior The goals of OB are to explain, predict, and influence behavior. Managers need to be able to explain why employees engage in some behaviors rather than others, predict how employees will respond to various actions and decisions, and influence how employees behave. The cognitive component refers to the beliefs, opinions,