Perusahaan yang menikmati kesuksesan abadi memiliki nilai-nilai dan tujuan inti yang tetap teguh sementara strategi dan praktik bisnis mereka terus-menerus beradaptasi dengan dunia yang terus berubah. Perusahaan yang benar-benar hebat memahami perbedaan antara apa yang seharusnya tidak pernah berubah dan apa yang harus terbuka untuk perubahan. Kemampuan langka ini untuk mengelola kontinuitas dan perubahan yang dipraktikan secara sadar terkait erat dengan kemampuan untuk mengembangkan visi. Visi memberikan panduan tentang inti apa yang harus dipertahankan dan masa depan apa yang mendorong kemajuan. Visi yang disusun dengan baik terdiri dari dua komponen utama yaitu ideologi inti dan masa depan yang diharapkan.
A.
Ideologi
Inti
Ideologi ini
mendefinisikan karakter abadi dari suatu organisasi, identitas yang konsisten
yang konsisten yang melampaui siklus hidup produk atau pasar, terobosan
teknologi, mode manajemen dan pemimpin individu. Sebuah perusahaan bisa saja
ditinggalkan oleh pemimpinnya, produk menjadi usang, pasar berubah, teknologi
baru muncul tapi ideologi inti dalam perusahaan tersebut akan terus ada. Setiap
visi yang efektif harus mewujudkan ideologi inti dari organisasi yang terdiri
dari bagian-bagian berbeda seperti nilai-nilai inti, sistem prinsip, prinsip
panduan dan tujuan inti alasan paling mendasar dari keberadaan organisasi.
B.
Nilai
Inti.
Nilai inti adalah prinsip penting dan bertahan lama dari sebuah
organisasi. Seperangkat kecil prinsip panduan yang tak lekang oleh waktu,
nilai-nilai inti tidak memerlukan pembenaran eksternal; mereka punya hakiki
nilai dan pentingnya bagi orang-orang di dalam organisasi. perusahaan yang
hebat memutuskan sendiri nilai apa yang dianutnya sebagai inti, sebagian besar
tidak bergantung pada lingkungan saat ini, persyaratan kompetitif, atau mode
manajemen. Berikut core
value dari beberapa perusahaan besar, seperti:
Merk Corporate Social Responsibility Keunggulan mutlak di semua aspek Perusahaan Inovasi yang berdasarkan ilmu Pengetahuan Kejujuran dan integritas Keuntungan, yang diperoleh dari perkerjaan yang
mementingkan kemanusi |
Philip Morris Kebebasan dalam memilih Kemenangan yang diperoleh dari pertarungan yang adil Mendorong inisiatif setiap individu Opportunity based on merit |
Walt Disney Tidak ada cynicism Memelihara dan menyebarkan wholesome American values Kreativitas, mimpi, dan imajinasi Perhatian lebih kepada konsistensi dan detail Preservation and control of the Disney Magic |
Nordstrom Mengutamakan
pelayanan kostumer Kerja keras dan
produktivitas individu Tidak pernah puas |
C.
Tujuan
Inti.
Tujuan inti,
bagian kedua dari ideologi inti, adalah alasan keberadaan organisasi. Tujuan
yang efektif mencerminkan motivasi idealis masyarakat dalam melakukan pekerjaan
perusahaan. Ini tidak hanya menggambarkan keluaran organisasi atau target
pelanggan; itu menangkap jiwa organisasi. Dalam mengidentifikasi tujuan,
beberapa perusahaan membuat kesalahan dengan hanya mendeskripsikan lini produk
atau segmen pelanggan mereka saat ini. Berikut adalah core purpose dari
perusahaan-perusahaan besar, seperti:
3M : menyelesaikan masalah yang belum
terselesaikan secara inovatif |
Merck : menjaga dan meningkatkan kehidupan
manusia |
Cargill : meningkatkan standard kehidupan
diseluruh dunia |
Nike : memberikan pengalaman secara emosi
dari kompetisi, kemenangan, dan mengalahkan competitor |
Fannie Mae : meningkatkan struktur sosial
dengan secara terus-menerus memperjuangkan kepemilikan rumah |
Sony : memberikan pengalaman yang
menyenangkan dari menggunakan teknologi yang bermanfaat bagi public |
Hewlett-Packard : kontribusi terhadap
kesejahteraan manusia |
|
Wal-Mart : memberikan kesempatan kepada
masyarakat biasa untuk membeli produk yang sama dengan orang-orang kaya |
Walt Disney : membuat orang orang bahagia |
D.
Menemukan
Ideologi Inti
Ideologi inti
didapat bukan dengan cara dibuat atau ditetapkan melainkan ditemukan. Ideologi
inti tidak bisa disimpulkan dengan melihat lingkungan eksternal tapi dengan
cara memahaminya dengan melihat ke dalam. Ideologi harus otentik dan tidak bisa
dipalsukan. Keaslian, disiplin dan konsistensi membuat ideologi itu hidup,
bukan isi ideologi itu yang membedakan perusahaan visioner dari yang lain.
Dua perusahaan
bisa saja memiliki ideologi yang sama namun akan berbeda dalam penerapannya.
Ideologi inti harus bermakna dan hanya menginsipirasi orang-orang di dalam
organisasi dan tidak perlu menarik bagi orang luar. Hal ini dikarenakan
orang-orang di dalam organisasi perlu berkomitmen untuk ideologi organisasi
dalam jangka panjang. Ideologi inti juga dapat berperan dalam menentukan siapa
yang ada di dalam dan siapa yang tidak.
Sebuah
perusahaan dapat memiliki ideologi inti yang sangat kuat tanpa pernyataan
formal. Misalnya, Nike belum (sepengetahuan kami) secara resmi
mengartikulasikan pernyataan tujuan intinya. Namun, menurut pengamatan kami,
Nike memiliki tujuan inti yang kuat yang menembus seluruh organisasi.
mengidentifikasi nilai-nilai inti dan tujuan bukanlah latihan dalam pengerjaan
kata-kata. Memang, suatu organisasi akan menghasilkan berbagai pernyataan dari
waktu ke waktu untuk menggambarkan ideologi inti. Ideologi inti dengan konsep
kompetensi inti adalah hal yang berbeda. Kompetensi ini adalah konsep strategis
yang mendefinisikan kemampuan organisasi anda, apa yang dikuasai sedangkan
ideologi inti menangkap apa yang diperjuangkan dan kenapa harus ada. Kompetensi
inti harus diselaraskan dengan baik dengan ideologi inti perusahaan.
E.
Masa
Depan yang Dibayangkan
Komponen utama
kedua dari kerangka visi adalah membayangkan masa depan. Ini terdiri dari dua
bagian: tujuan berani 10 hingga 30 tahun ditambah deskripsi yang jelas tentang
bagaimana rasanya mencapai tujuan. Kami mengenali frase itu membayangkan masa
depan agak paradoksal. Di satu sisi, hal itu menyampaikan kekonkretan — sesuatu
yang terlihat, jelas, dan nyata. Di sisi lain, ini melibatkan waktu yang belum
terwujud — dengan impian, harapan, dan aspirasinya.
F.
BHAG
(Big, Hairy, Audacious Goals) tingkat visi.
Vision-level
BHAG, atau Big Hairy, Audacious Goals merupakan cara yang kuat untuk
menstimulasi progress. Setiap perusahaan memiliki goals, namun terdapat
perbedaan antara memiliki goals dan berkomitmen dalam menghadapi tantangan yang
sulit. BHAG bersifat jelas dan memaksa, mempersatukan usaha-usaha yang ada, dan
berkerja sebagai katalis untuk team spirit. BHAG memiliki garis finish yang
jelas, sehingga perusahaan dapat mengetahui ketika sudah mencapai goals-nya.
BHAG membantu dalam visi jangka panjang, seperti:
Target BHAG bisa kualitatif maupun Kuantitatif. Menjadi perusahaan 125 milliar
USD pada tahun 2000 ( Wal-Mart 1990) Menjadi perusahaan yang terkenal
sebagai perusahan yang mengubah presepsi dunia terhadap kualitas yang buruk
dari produk jepang (Sony, early 1950s) |
Role-model
BHAGs suit up and coming organizations. Menjadi Harvard of The West
(Standford University, 1940s) Menjadi Nike dari industri
cycling (Giro Sport Design 1986) |
Common-enemy
BHAG involve Davidversus-Goliath thinking. Menghancurkan Adidas (Nike,
1960s) Menghancurkan Yamaha (Honda,
1970s) |
Internal-transformation
BHAGs suit large, established organizations. Menjadi nomor satu atau nomor dua
di setiap pasar yang dilayani dan merevolusi perusahaan untuk mempunyai
kekuatan dari perusahaan besar yang dikombinasikan dengan kelincahaan dari
perusahaan kecil |
Vivid
Description merupakan getaran, ajakan dan deskripsi yang spesifik dari seperti
apa jadinya mencapai BHAG. Contohnya, seperti Sony pada tahun 1950s. Vivid
Description dari Sony adalah membuat produk yang dapat menyebar keseluruh
dunia. Sony akan menjadi perusahaan jepang pertama yang dapat memasuki pasar
Amerika dan melakukan distribusi langsung. Tidak hanya itu, Sony akan menjadi
perusahaan yang sukses dalam inovasi, dimana perusahaan Amerika gagal dalam
melakukannya, seperti transitor radio. Lima puluh tahun kedepan, brand Sony
akan menjadi brand yang terkenal diseluruh dunia dan kualitas serta inovasinya
menjadikan Sony competitor bagi seluruh perusahaan inovatif dimanapun. Dan yang
terakhir, merubah presepsi, dimana “made in Japan” akan berarti hal yang baik
bukan buruk.
Kesimpulan
Ideologi inti merupakan factor penting dalam
mendorong perusahaan untuk maju, tanpa tujuan yang jelas organisasi tidak
mempunyai arah yang jelas, dengan adanya visi misi organisasi bisa membimbing
semua elemen untuk mencapai tujuan Bersama. Untuk menciptakan keselarasan mungkin merupakan hal
yang penting. Namun, langkah awal yang perlu dilakukan adalah menyusun kembali
visi dan misi perusahaan menjadi konteks yang efektif dalam membangun
perusahaan yang visioner. Jika perusahaan mampu melakukannya dengan benar, maka
perusahaan tidak perlu melakukan perombakan ulang untuk setidaknya dalam satu
decade.
Visi menyediakan petunjuk mengenai hal hal apa yang
merupakan inti untuk memelihara perusahaan dan hal hal apa yang digunakan pada
masa yang akan datang untuk menstimulus kemajuan. Pemahaman visi yang baik
adalah melalui ideologi inti dan masa depan yang diimpikan.
Kontribusi bagi para
pemangku kepentingan
Pada artikel ini dijelaskan bahwa pentingnya visi
misi bagi perusahaan. Memiliki visi dan misi berarti sama saja dengan memetakan
secara jelas, apa saja yang menjadi dasar tujuan didirikannya sebuah
perusahaan. Hal inilah yang selanjutnya diharapkan oleh sebuah perusahaan akan
memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan keuntungan dan kemajuan
perusahaan. Manfaat yang didapat apabila perusahaan telah memiliki visi misi
yang baik diantaranya memberikan standar Kerja yang optimal, membuat karyawan
merasa pekerjaanya lebih bermakna, meningkatkan semangat Kerja dan komitmen,
memastikan tujuan dasar dari sebuah perusahaan, menjadi acuan perusahaan dalam
mengembangkan bisnisnya dan sebagai pedoman bagi karyawan dalam bekerja.
Comments
Post a Comment