Tujuan
komunikasi pemasaran sebuah produk/jasa yang baik dan benar haruslah dapat
mengakomodir semua aspek yang dibutuhkan masyarakat dalam hal ini adalah
konsumen. Peran komunikasi pemasaran untuk menyampaikan informasi dari sebuah
produk/jasa juga harus dapat disampaikan dengan baik, agar setiap konsumen yang
menjadi target pemasaran dapat menerima informasi itu dengan baik. Teori
komunikasi pemasaran menurut beberapa ahli merupakan pemberian atau pertukaran
informasi, ide, sikap, pikiran dari sebuah produk/jasa yang disampaikan oleh
satu orang kepada orang lainnya untuk membangkitkan minat dan perhatian
terhadap produk/jasa yang dipasarkan. Strategi komunikasi pemasaran yang
dirancang dari berbagai elemen komunikasi pemasaran memiliki beragam bauran
komunikasi pemasaran tentunya akan membuat pemasaran barang/jasa tersebut
memiliki strategi yang tersusun dan terkonsep.
Berikut
tujuan komunikasi pemasaran dijelaskan agar para penjual dan produsen dapat :
1. Menciptakan
strategi yang baik. Bagi penjual atau produsen sebuah produk adalah untuk
menciptakan strategi pemasaran Strategi tersebut yang baik meliputi desain
kemasan, merek perusahaan, merek dagang, surat izin, jaminan barang, jaminan
perusahaan, perputaran produk dan pengembangan produk agar strategi pemasaran
yang dibuat dapat berjalan dengan baik.
2. Menciptakan
distribusi pemasaran. Distribusi produk sangatlah penting untuk menjangkau seluruh
lapisan dan wilayah konsumen. Distribusi produk yang baik juga akan memberikan
efek positif terhadap peningkatan penjualan, karena akan menjangkau dan menarik
banyak konsumen.
3. Memiliki
komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik antara produsen dan penjual dengan
cara berkomunikasi dengan baik tentunya akan membuat proses komunikasi efektif,
sehingga terjalin hubungan yang baik antara seluruh pihak yang terlibat dalam
proses pemasaran. Hal ini juga akan berdampak positif terhadap kerjasama
penjualan dalam jangka waktu yang panjang, karena saran dari produsen kepada
pihak penjual atau saran dari pihak penjual kepada produsen akan dapat
dimaksimalkan dengan baik pula.
4. Memberikan
perhatian yang detail. Agar produsen atau penjual memberikan perhatian yang
detail terhadap barang atau jasa yang akan dipasarkan. Tujuan komunikasi
pemasaran ini akan sangat dibutuhkan jika ingin mengambil minat konsumen,
karena konsumen akan cenderung memilih produk yang dipasarkan dengan informasi
yang detail dan dijelaskan dengan terperinci.
5. Menentukan
anggaran pemasaran. Untuk menentukan anggaran pemasaran. Artinya ketika sebuah
komunikasi pemasaran dilakukan oleh produsen dengan penjual beserta seluruh
orang yang terlibat pada komunikasi tersebut, maka tujuan utamanya adalah untuk
membahas strategi pemasaran beserta anggaran yang dibutuhkan. Anggaran
pemasaran yang cukup, tentunya akan mempermudah pemasaran produk itu sendiri.
6. Mengidentifikasi
Sasaran. Agar produsen atau penjual mengidentifikasi sasaran atau konsumen yang
ditentukan menjadi target pemasaran berikut dengan faktorfaktor yang
mempengaruhi seorang konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan.
Identifikasi ini sangat diperlukan karena produsen atau penjual akan mengetahui
produk apa yang paling digemari atau produk dengan kriteria apa yang sering
dicari konsumen
7. Menentukan
kebutuhan konsumen. Sama seperti tujuan diatas, tujuan komunikasi pemasaran
yang ketujuh ini agar produsen atau penjual mengetahui apa yang dibutuhkan
konsumen. Kebutuhan konsumen yang harus diketahui meliputi kategori produk,
merk produk, kegunaan produk, harga produk dan daya tahan produk. Jika
kebutuhan konsumen diketahui dengan baik, maka produk yang akan dipasarkan
secara langsung akan menarik perhatian konsumen.
8. Memilih
saluran komunikasi. Produsen atau penjual tentu haruslah memilih saluran atau
media apa yang akan digunakan untuk melakukan pemasaran, tujuannya adalah untuk
mempermudah proses pemasaran. Biasanya saluran komunikasi pemasaran yang
digunakan antara lain komunikasi antar pribadi secara langsung ataupun tidak
langsung melalui telepon atau email serta saluran komunikasi yang menggunakan
peran media massa seperti TV, radio, media sosial atau media cetak.
9. Memberikan
evaluasi Tujuan komunikasi pemasaran bagi produsen dan penjual berikutnya
adalah untuk melakukan evaluasi terhadap pemasaran yang telah dilakukan. Ketika
anggaran pemasaran telah ditetapkan dan semua strategi yang dirancang telah
dijalankan dengan baik, maka saatnya komunikasi pemasaran dilakukan agar
memperbaiki titik lemah dan kekurangan produk yang dipasarkan. Dengan melakukan
evaluasi dan perbaikan, maka produk tersebut tidak akan ditinggalkan konsumen.
10. Mengetahui
keunggulan kompetitor. Komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh produsen atau
penjual, juga memiliki tujuan untuk mengetahui apa saja keunggulan dari
kompetitor atau pesaing yang menjual produk sejenis. Ketika keunggulan
kompetitor tersebut berhasil di identifikasi, maka keunggulan mereka dapat
diaplikasikan pada pemasaran yang kita lakukan. Hal ini juga berfungsi untuk
menjaga persaingan usaha yang sehat demi tercapainya keseimbangan dengan para
pesaing.
11. Menentukan
cara untuk menciptakan citra merk. Tujuan berikutnya agar produsen atau penjual
sebuah produk atau jasa dapat menentukan langkah-langkah yang harus diambil
untuk menciptakan citra yang baik dimata konsumen. Langkahlangkah yang bisa
digunakan antara lain dengan menggunakan iklan, karena iklan membangun citra
merk dengan cepat serta memicu penjualan yang cepat pula. Selain itu, informasi
yang ditayangkan sebagai iklan jgua akan ditampilkan secara berulang serta
memiliki daya sebar informasi yang tidak terjangkau.
12. Menentukan
cara melakukan promosi. Komunikasi pemasaran yang dilakukan juga bertujuan agar
produsen atau penjual dapat menentukan bagaimana cara untuk melakukan promosi
pemasaran sebuah produk. Promosi penjualan akan memberikan kontribusi positif,
karena konsumen akan memberikan nilai terhadap produk yang kita pasarkan.
Promosi dapat dilakukan dengan cara memberikan potongan harga, beli satu gratis
dua, makan berlima bayar empat, serta cara-cara promosi lainnya seperti
memberikan hadiah kepada konsumen juga sangat efektif untuk dilakukan.
13. Menciptakan
hubungan dengan masyarakat. Komunikasi pemasaran juga bertujuan untuk menjaga
dan menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakat. Komunikasi pemasaran yang
langsung dilakukan dengan bertatap muka dengan masyarakat atau konsumen akan
menangkap pembeli yang tidak hati – hati atau tidak cermat memilih produk serta
menjangkau para konsumen yang tidak suka memilih barang yang diiklankan. Perlu
diketahui, masyarakat sebagai konsumen memiliki kemampuan untuk memberikan efek
positif atau negatif terhadap sebuah produk atau sebuah perusahaan.
14. Memberikan
informasi yang mendidik. Tujuan komunikasi pemasaran yang paling penting adalah
untuk memberikan informasi sebuah produk kepada konsumen. Informasi ini
biasanya akan mendidik konsumen agar hidup lebih sehat, lebih bersosialisasi
dan lain sebagainya. Informasi yang diberikan dengan melakukan komunikasi
pemasaran secara langsung akan berdampak terhadap pencapaian penjualan dan
pemasukan sebuah perusahaan.
15. Memasarkan
produk yang memang dibutuhkan. Tujuan utama dari komunikasi pemasaran adalah
untuk memasarkan sebuah produk kepada konsumen. Tapi, produk tersebut tidak
akan dilirik oleh konsumen jika produk tersebut memang tidak terlalu digunakan.
Oleh karena itu, komunikasi pemasaran yang dilakukan produsen atau penjual
produk haruslah memasarkan pruduk yang memang dibutuhkan konsumen
Dari
seluruh tujuan komunikasi pemasaran di atas, dapat disimpulkan bahwa komunikasi
pemasaran memiliki tujuan yang saling berhubungan dan saling terikat.
Komunikasi pemasaran tidak akan berjalan dengan baik, tanpa didukung strategi
yang baik pula. Begitu juga ketika konsumen berkeinginan atau membutuhkan suatu
produk/jasa, namun produsen atau penjual tidak dapat memenuhinya, maka
komunikasi pemasaran juga tidak akan dapat berjalan dengan baik. Oleh karena
itu, perusahaan harus melakukan komunikasi pemasaran dengan baik serta
memperhatikan selalu kebutuhan konsumen. Marketing communication atau
komunikasi pemasaran bertujuan untuk mencapai tiga tahap perubahan yang
ditujukan bagi konsumen.
Comments
Post a Comment