Skip to main content

10 tips dan Strategi Pemasaran melalui Facebook – pemula harus Tau

 



Pada bahasan ini kita akan melihat beberapa tren pemasaran Facebook dan pemasaran digital yang memengaruhi cara perusahaan melakukan bisnis. Lima yang pertama terkait dengan pemasaran digital secara umum dan lima yang terakhir adalah tren terkait Facebook. Sepuluh tren dan strategi ini berfungsi sebagai pendahuluan dan di Bab-bab berikut Anda akan menemukan tip dan strategi yang lebih rinci terkait dengannya.

1.      Fokus pada corong pembelian pelanggan Anda

Biasanya Anda hanya perlu memposting informasi di koran lokal agar orang tahu tentang produk dan layanan Anda. Saat ini, perusahaan yang sukses perlu menganalisis dan membuat corong pembelian pelanggan, juga disebut corong penjualan.

Prospek - Orang yang melihat konten atau informasi Anda: Orang-orang ini mungkin telah melihat Anda Iklan Facebook, tetapi tidak mengambil tindakan karena ini pertama kalinya mereka diekspos ke perusahaan Anda dan membutuhkan lebih banyak informasi untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Prospek - Orang yang tertarik tetapi belum siap untuk membeli: Orang-orang ini membandingkan opsi dan biasanya membutuhkan lebih banyak interaksi untuk menghasilkan kepercayaan dengan perusahaan Anda.

Pelanggan - Orang yang membeli produk Anda: Tugas Anda adalah mengidentifikasi apa yang special karakteristik yang mereka miliki, untuk menargetkan orang-orang semacam ini dengan promosi Facebook Anda, dan untuk berkomunikasi dengan mereka untuk mencoba membuat mereka mendukung produk Anda kepada teman-teman mereka.

Perusahaan dengan produk yang memiliki nilai transaksi tinggi cenderung memiliki tingkat yang lebih tinggi dalam corong pemasarannya, sedangkan perusahaan dengan produk dengan harga rendah memiliki corong penjualan yang sederhana. Komponen sentral dari saluran penjualan yang sukses adalah pemasaran email, karena memungkinkan Anda untuk menangkap informasi prospek dan tetap berhubungan dengan mereka. Anda harus mengelompokkan informasi pelanggan di alat pemasaran email atau CRM (alat manajemen hubungan pelanggan) sehingga Anda tahu berapa banyak orang yang dimiliki perusahaan Anda di setiap tingkat saluran penjualan.

Bagaimana Anda dapat membantu pelanggan pindah ke fase berikutnya dalam corong pemasaran. Berikut adalah daftar item yang membantu pelanggan untuk bergerak lebih cepat menuju fase berikutnya dalam corong dan menuju keputusan pembelian: Berikan konten berharga secara gratis: Konten ini bisa dalam berbagai bentuk dan perlu menarik serta relevan dengan masalah awal yang dimiliki pelanggan.

Tawarkan lebih banyak peluang untuk keterlibatan: Pelanggan membutuhkan lebih banyak kesempatan untuk berkomunikasi dengan perusahaan Anda di berbagai platform.

Bangkitkan kepercayaan dan kredibilitas: Bagikan pengalaman pelanggan dan studi kasus. Survei pembeli Anda dan tanyakan mengapa mereka membeli produk Anda, dan gunakan informasi tersebut untuk meningkatkan saluran Anda.

Lacak hasil di setiap tingkat corong: Analisis hasil di setiap tingkat corong dan gunakan data tersebut untuk meningkatkan dan mengubah corong Anda.

 

2.      Terimalah kenyataan bahwa rentang perhatian konsumen semakin pendek

Pertumbuhan kuat penggunaan perangkat seluler portabel dan gaya hidup digital secara umum telah mengubah cara orang mengonsumsi konten di Internet secara signifikan. Menurut beberapa penelitian, rentang perhatian konsumen semakin pendek setiap saat dan perusahaan perlu menyesuaikan strategi pemasaran mereka untuk tren baru ini.

Buat konten yang mudah dipahami: Biasanya ini berarti membuat konten yang lebih pendek sehingga konsumen dapat mengkonsumsinya sebelum terganggu dan beralih ke hal berikutnya. Dengan konten saya mengacu pada video, foto, GIF, dan artikel, hanya untuk beberapa nama. Konten bentuk panjang masih memiliki tempatnya bagi konsumen yang sudah mengenal Anda dan perusahaan Anda, tetapi untuk sebagian besar klien potensial baru, Anda perlu membuat konten yang pendek dan menarik.

Jadikan awal konten Anda berharga: Paragraf pertama artikel Anda atau 4 detik pertama video adalah yang paling penting, karena Anda perlu mengundang konsumen untuk menikmati konten Anda yang lain. Menggunakan pertanyaan di awal konten Anda biasanya membantu menarik perhatian konsumen.

Secara umum, tantangan terbesar saat ini adalah cara menarik dan menjaga perhatian orang saat mereka melihat konten Anda. Perusahaan pintar sudah menyesuaikan konten mereka dan Anda harus melakukan hal yang sama.

3.      Memiliki lebih banyak titik kontak pelanggan

Secara tradisional, perusahaan biasanya hanya memiliki situs web, tetapi saat ini konsumen menuntut lebih banyak keterlibatan dan komunikasi melalui berbagai titik kontak dan konten sebelum mereka menganggap perusahaan Anda dapat dipercaya.

Titik kontak pelanggan ini juga disebut titik sentuh, dan berikut adalah contoh bagaimana Facebook memungkinkan bisnis untuk terhubung dengan klien menggunakan beberapa titik sentuh.

·           Bayangkan Anda berbagi informasi dan konten dengan klien di Halaman Bisnis Facebook Anda.

·           Setelah itu, klien masuk ke Instagram dan melihat video baru Anda yang terkait dengan konten yang sudah dia lihat di Halaman Bisnis Facebook Anda.

·           Setelah itu, klien akan mengirimkan pesan WhatsApp kepada Anda atau menghubungi Anda melalui aplikasi Facebook Messenger untuk menanyakan detail lebih lanjut tentang produk Anda.

Menariknya, semua platform yang disebutkan dalam contoh ini (Halaman Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Facebook Messenger) terkait dengan ekosistem Facebook. Salah satu tujuan Facebook adalah menciptakan lebih banyak alat untuk bisnis kecil sehingga perusahaan dapat menghasilkan lebih banyak bisnis dalam ekosistem Facebook.

4.      Mengakui semakin pentingnya iklan berbayar

Di dunia sekarang ini, pelanggan berpaling dari pembelian impulsif dan ingin mempelajari lebih lanjut tentang sebuah perusahaan sebelum membeli produknya. Pelanggan sering kali teralihkan, tetapi ketahuilah bahwa mereka memiliki pilihan dalam hal bisnis yang mereka pilih untuk dukung, jadi mereka cenderung membutuhkan lebih banyak titik kontak (atau titik kontak) dengan perusahaan tempat mereka membeli. Iklan berbayar adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan ini.

Iklan berbayar online, dan yang paling khusus, beriklan melalui Facebook, dapat menawarkan cara yang bagus untuk menghasilkan prospek baru, menargetkan pelanggan potensial yang belum berinteraksi dengan merek Anda, dan untuk tetap berhubungan dengan pelanggan Anda saat ini, memberi tahu mereka tentang produk tambahan atau layanan yang mungkin berguna bagi mereka.

Ini tidak selalu tentang melakukan penjualan dengan iklan berbayar. Terkadang, hanya memastikan bahwa pelanggan memperhatikan apa yang dilakukan perusahaan Anda dapat meningkatkan penjualan secara tidak langsung. Dengan alat hebat seperti iklan berbayar melalui Facebook, Anda dapat meningkatkan pengaruh bisnis Anda, memperluas jangkauan Anda melalui konten sederhana. Beberapa perusahaan dapat tumbuh dengan cepat tanpa menerapkan strategi periklanan berbayar Ada biaya yang terkait dengan periklanan online, tetapi kabar baiknya adalah Anda dapat memulai dari yang kecil dan menghitung laba Anda dengan cukup mudah. Facebook terus meningkatkan alat mereka, dan mudah untuk mulai menggunakannya.

5.      Mengenali dampak besar dari realitas dunia maya bagi bisnis

Ingat beberapa tahun yang lalu ketika Anda perlu mengunjungi situs web Facebook di komputer desktop untuk membuka akun Facebook Anda? Saat ini, Anda dapat melakukan hal yang sama dengan lebih cepat hanya dengan membuka aplikasi Facebook di perangkat seluler Anda.

Namun, di masa mendatang sangat mungkin bahwa untuk login ke Facebook, Anda akan menggunakan headset virtual, menunjukkan konten dari teman Facebook Anda dengan cara yang jauh lebih mendalam, membuat Anda merasa seolah-olah Anda benar-benar ada di sana bersama teman Anda. Masih perlu waktu sebelum kita sampai di sana, tetapi kemungkinan besar itu akan terjadi.

Saat ini, virtual reality lebih banyak dikenal di industri game, namun kedepannya akan memberikan peluang yang sangat besar untuk entertainment, travel, real estate, otomotif, pendidikan, dan banyak industri lainnya. Saat ini, alat dan perangkat lunak untuk membuat dan mengonsumsi konten untuk perangkat realitas virtual masih agak mahal, tetapi seiring dengan turunnya harga, semakin banyak perusahaan yang akan mulai menggunakannya.

Saat ini, sebagian besar pemasaran dilakukan dengan gambar diam atau video 2 dimensi (sebagian besar video yang Anda lihat online adalah dua

dimensi), tetapi Facebook sedang mempersiapkan peluang yang lebih imersif yang memungkinkan konsumen merasa bahwa mereka sebenarnya berada

di suatu tempat. lain saat memakai perangkat virtual reality. Realitas virtual akan sangat membantu perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat produk dan layanan mereka. Implikasi dari hal ini untuk pemasaran sangat besar dan perusahaan yang beradaptasi lebih dulu akan meraup keuntungan yang sangat besar.

6.      Belajar memanfaatkan peluang di ekosistem Facebook

Saat ini, Facebook adalah jejaring sosial terbesar, melayani lebih dari 1,5 juta pengguna aktif setiap bulan, dan juga memiliki beberapa alat media sosial lainnya, termasuk Instagram (dengan 400 juta pengguna aktif), WhatsApp (1 miliar pengguna aktif), dan Facebook Messenger (800 juta pengguna aktif). Masing-masing alat ini memberikan cara yang unik dan ampuh untuk berinteraksi dan terlibat dengan calon pelanggan Anda.

Facebook: Setiap bisnis yang ingin memanfaatkan peluang pemasaran yang tersedia melalui media sosial harus memiliki Halaman Bisnis Facebook. Penggunaan yang tepat dari profil pribadi Facebook sangat membantu dalam branding pribadi para profesional bisnis. Selain itu, iklan Facebook menawarkan kemungkinan tak terbatas untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Instagram: Instagram berkembang dengan cepat dan menjadi alat yang ampuh untuk melayani industri yang menawarkan produk visual. Alat periklanan mereka sangat efektif untuk semua jenis bisnis.

WhatsApp: Ini adalah alat yang luar biasa untuk menyediakan komunikasi satu-ke-satu dengan pelanggan, terutama ketika mereka ingin mendapatkan lebih banyak informasi sebelum melakukan pembelian. Bisnis telah melaporkan bahwa itu telah membuat mereka lebih berhasil dalam membangun kepercayaan dan loyalitas merek dengan pelanggan mereka. Namun, penting untuk tidak menggunakan WhatsApp untuk pesan yang tidak diminta atau spam.

Facebook Messenger: Facebook terus memperbarui alat ini untuk memastikannya mengoptimalkan komunikasi antara bisnis dan pelanggan mereka. Anda dapat menggunakannya untuk mengirim pesan teks, video, atau audio, dan alat ini akan terus dikembangkan menuju dukungan pelanggan di masa mendatang.

7.      Manfaatkan ledakan pertumbuhan pemasaran video di Facebook

Video bisa menjadi alat yang sangat efektif untuk mendapatkan kepercayaan dan kredibilitas dengan pelanggan Anda. Dalam banyak kasus,

konsumen lebih nyaman membuat keputusan pembelian jika mereka sudah dapat melihat video tentang produk atau layanan sebelumnya. Di

masa lalu, tidak banyak peluang bagi konsumen untuk melihat video, karena kecepatan koneksi Internet yang rendah, tetapi sekarang, kemungkinan pemasaran video telah meningkat secara drastis, terutama untuk pemirsa seluler.

Perluas jangkauan bisnis Anda melalui konten video: Facebook mempromosikan video konten di atas konten yang lebih statis, seperti foto atau pembaruan status, memungkinkan konten video menjangkau lebih banyak pengguna.

Ciptakan transparansi melalui streaming video langsung: Salah satu alat baru dari Facebook adalah aplikasi Facebook Mentions, yang memungkinkan bisnis memposting video langsung. Ini adalah cara yang bagus untuk memungkinkan pelanggan Anda melihat Anda menanggapi pertanyaan, menunjukkan demo produk, atau memberikan tampilan di

belakang layar kantor Anda, menciptakan rasa transparansi.

Buat pelanggan terkesan dengan video 360 derajat yang kaya: Berikan pelanggan Anda keseluruhan cara baru untuk melihat perusahaan Anda melalui Umpan Berita mereka. Dengan alat ini, pengguna dapat mengontrol video dan dapat bergerak di sekitar ruangan dengan memiringkan ponsel atau mengkliknya di desktop. Ini adalah cara yang bagus untuk hotel dan bisnis berbasis lokasi lainnya untuk memberikan visual yang kuat.

Tingkatkan konversi penjualan melalui iklan video: Iklan video bisa jadi adilmurah dan menawarkan banyak kemungkinan, termasuk demonstrasi produk sederhana dan video testimonial. Dengan jangkauan yang bagus dan tidak banyak persaingan, Anda dapat meningkatkan penjualan Anda secara dramatis saat menggunakan iklan video Facebook.

8.      Tidak perlu situs web: manfaatkan alat bisnis baru dari Facebook

Halaman Bisnis Facebook: Alat ini telah ada di Facebook selama beberapa waktu, tetapi fitur-fitur baru selalu tersedia.Halaman Bisnis Facebook menggantikan halaman arahan tradisional sebagai metode utama bagi pengguna Facebook untuk berinteraksi dengan bisnis.

Iklan Lokal Facebook: Iklan ini menyertakan ajakan bertindak langsung, sehingga pelanggan dapat melihat iklan dan merespons secara langsung, meminta penawaran, melakukan reservasi, atau melakukan sejumlah tindakan yang biasanya memerlukan situs web terpisah.

Layanan Lokal Facebook: Di alat ini, Facebook menyediakan daftar bisnis lokal yang ulasannya dapat diberikan oleh pelanggan. Ini mirip dengan layanan yang ditawarkan oleh Yelp dan Google Local, tetapi digerakkan oleh Facebook.

9.      Tidak perlu nomor telepon - manfaatkan alat komunikasi dengan Facebook Messenger dan WhatsApp

Cara konsumen berkomunikasi berubah dengan cepat, karena alat baru tersedia yang memungkinkan interaksi yang cepat dan bermakna. Alat olahpesan instan untuk perangkat seluler telah tumbuh secara eksponensial, dan seiring dengan itu, alat seperti Facebook Messenger (dengan lebih dari 800 juta pengguna) dan WhatsApp milik Facebook (dengan lebih dari 1 miliar pengguna) juga tumbuh.

Selain itu, layanan Businesses on Messenger baru sekarang tersedia melalui Facebook untuk perusahaan tertentu di Amerika Serikat. Layanan ini memungkinkan bisnis untuk membuat tata letak pesan khusus dan menyediakan alat dukungan pelanggan yang lebih baik. Informasi lebih lanjut tentang alat yang berguna ini akan tersedia di akhir buku ini.

10.  Analisis hasil Anda di ekosistem Facebook

Mulailah menganalisis hasil Anda sejak Anda mulai menggunakan Facebook untuk bisnis Anda. Ada beberapa cara untuk melakukannya:

a.    Pada halaman bisnis Anda, lihat jenis konten apa yang memiliki paling banyak interaksi dan gunakan informasi ini untuk membuat konten di masa mendatang.

b.    Dengan kampanye iklan Facebook, lacak iklan yang berjalan dengan baik dan sesuaikan atau hapus iklan yang tidak efektif.

c.    Untuk pemasaran video, lihat tingkat retensi video untuk mengetahui berapa banyak pengguna yang menonton video sampai selesai.

d.    Dengan WhatsApp dan Facebook Messenger, perhatikan jumlah kontak yang diterima bisnis Anda, berapa banyak pembelian yang dihasilkan dari interaksi Anda, dan kualitas prospek (atau calon pembeli) yang datang dari kontak Anda.

Comments

Popular posts from this blog

Penghargaan Intrinsik dan Ekstrinsik

Penghargaan Intrinsik dan Ekstrinsik Penghargaan Intrinsik diartikan sebagai penghargaan yang didapatkan bisa melalui pribadi itu sendiri oleh seseorang. Hal ini bisa membuat perasaan puasa tau bisa juga sebagai terima kasih dan perasaan yang begitu bangga dengan pekerjaan yang telah dilakukan dengan tepat oleh karyawan. Kemudian penghargaan Ekstrinsik ialah  penghargaan yang ditimbulkan dari luar orang tersebut, contohnya salah seorang karyawan yang mendapat pujian dari atasannya. penghargaan Intrinsik maupun ekstrinsik sama-sama mempunyai nilai tersendiri. Penghargaan Ekstrinsik Penghargaan Finansial : Gaji dan Upah Uang merupakan penghargaan ekstrinsik yang utama. Ini merupakan tantangan yang sulit bagi manajer. Lain halnya apabila seroang karyawan dapat melihat hubungan antara kinerja dan kenaikan yang diberikan, uang tidak akan menjadi motivator yang kuat. Beberapa perusahaan menggunakan berbagai strategi cara dalam merencakan insentif agar bisa memotivasi karyawannya. Seroang ah

20 Easy Home Decor Ideas That Will Instantly Transform Your Space

  If your home is due for a design update but you have a limited budget and even less time, you're in the right place. We thought of 20 home décor ideas to help you start. With something as simple as an accent wall, colorful light bulb, or new throw pillow (or forty seven other home décor ideas if those aren't up your redecorating alley), your entire space can feel fresh, on-trend but timeless, and refined. You can tackle each of these decorating ideas in one day, even though the results will look like it took way longer to pull off.   Set Up a Cozy Reading Spot Heidi Caillier Design No designated reading nook? No problem. If your home doesn't have any leftover real estate to convert into a reading nook, design your formal living room to serve double duty as a cozy lounge area. Here, Heidi Caillier strategically chose furniture with fabrics and shapes that are both so

Understanding and Managing Individual Behavior - how to focus and goals of organizational behavio

  Focus of Organizational Behavior Based predominantly on contributions from psychologists, this area includes such topics as attitudes, personality, perception, learning, and motivation. Second, OB is concerned with group behavior, which includes norms, roles, team building, leadership, and conict. Our knowledge about groups comes basically from the work of sociologists and social psychologists. Finally, OB also looks at organizational aspects including structure, culture, and human resource policies and practices. We’ve addressed group and organizational aspects in previous chapters. In this chapter, we’ll look at individual behavior. Goals of Organizational Behavior The goals of OB are to explain, predict, and influence behavior. Managers need to be able to explain why employees engage in some behaviors rather than others, predict how employees will respond to various actions and decisions, and influence how employees behave. The cognitive component refers to the beliefs, opinions,