Pada
bahasan ini kita akan melihat beberapa tren pemasaran Facebook dan pemasaran
digital yang memengaruhi cara perusahaan melakukan bisnis. Lima yang pertama
terkait dengan pemasaran digital secara umum dan lima yang terakhir adalah tren
terkait Facebook. Sepuluh tren dan strategi ini berfungsi sebagai pendahuluan
dan di Bab-bab berikut Anda akan menemukan tip dan strategi yang lebih rinci terkait
dengannya.
1. Fokus pada corong pembelian pelanggan
Anda
Biasanya
Anda hanya perlu memposting informasi di koran lokal agar orang tahu tentang
produk dan layanan Anda. Saat ini, perusahaan yang sukses perlu menganalisis
dan membuat corong pembelian pelanggan, juga disebut corong penjualan.
Prospek -
Orang yang melihat konten atau informasi Anda: Orang-orang ini mungkin telah
melihat Anda Iklan Facebook, tetapi tidak mengambil tindakan karena ini pertama
kalinya mereka diekspos ke perusahaan Anda dan membutuhkan lebih banyak
informasi untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.
Prospek -
Orang yang tertarik tetapi belum siap untuk membeli: Orang-orang ini membandingkan
opsi dan biasanya membutuhkan lebih banyak interaksi untuk menghasilkan
kepercayaan dengan perusahaan Anda.
Pelanggan - Orang yang membeli produk
Anda: Tugas Anda adalah mengidentifikasi apa yang special karakteristik
yang mereka miliki, untuk menargetkan orang-orang semacam ini dengan promosi
Facebook Anda, dan untuk berkomunikasi dengan mereka untuk mencoba membuat
mereka mendukung produk Anda kepada teman-teman mereka.
Perusahaan
dengan produk yang memiliki nilai transaksi tinggi cenderung memiliki tingkat
yang lebih tinggi dalam corong pemasarannya, sedangkan perusahaan dengan produk
dengan harga rendah memiliki corong penjualan yang sederhana. Komponen sentral
dari saluran penjualan yang sukses adalah pemasaran email, karena memungkinkan
Anda untuk menangkap informasi prospek dan tetap berhubungan dengan mereka.
Anda harus mengelompokkan informasi pelanggan di alat pemasaran email atau CRM
(alat manajemen hubungan pelanggan) sehingga Anda tahu berapa banyak orang yang
dimiliki perusahaan Anda di setiap tingkat saluran penjualan.
Bagaimana
Anda dapat membantu pelanggan pindah ke fase berikutnya dalam corong pemasaran.
Berikut adalah daftar item yang membantu pelanggan untuk bergerak lebih cepat
menuju fase berikutnya dalam corong dan menuju keputusan pembelian: Berikan konten berharga secara gratis:
Konten ini bisa dalam berbagai bentuk dan perlu menarik serta relevan dengan
masalah awal yang dimiliki pelanggan.
Tawarkan lebih banyak peluang untuk keterlibatan:
Pelanggan membutuhkan lebih banyak kesempatan untuk berkomunikasi dengan
perusahaan Anda di berbagai platform.
Bangkitkan kepercayaan dan
kredibilitas: Bagikan pengalaman pelanggan dan studi
kasus. Survei pembeli Anda dan tanyakan mengapa mereka membeli produk Anda, dan
gunakan informasi tersebut untuk meningkatkan saluran Anda.
Lacak hasil di setiap tingkat corong:
Analisis hasil di setiap tingkat corong dan gunakan data tersebut untuk
meningkatkan dan mengubah corong Anda.
2. Terimalah kenyataan bahwa rentang
perhatian konsumen semakin pendek
Pertumbuhan
kuat penggunaan perangkat seluler portabel dan gaya hidup digital secara umum
telah mengubah cara orang mengonsumsi konten di Internet secara signifikan.
Menurut beberapa penelitian, rentang perhatian konsumen semakin pendek setiap
saat dan perusahaan perlu menyesuaikan strategi pemasaran mereka untuk tren
baru ini.
Buat konten yang mudah dipahami:
Biasanya ini berarti membuat konten yang lebih pendek sehingga konsumen dapat mengkonsumsinya
sebelum terganggu dan beralih ke hal berikutnya. Dengan konten saya mengacu
pada video, foto, GIF, dan artikel, hanya untuk beberapa nama. Konten bentuk
panjang masih memiliki tempatnya bagi konsumen yang sudah mengenal Anda dan
perusahaan Anda, tetapi untuk sebagian besar klien potensial baru, Anda perlu
membuat konten yang pendek dan menarik.
Jadikan awal konten Anda berharga:
Paragraf pertama artikel Anda atau 4 detik pertama video adalah yang paling penting,
karena Anda perlu mengundang konsumen untuk menikmati konten Anda yang lain.
Menggunakan pertanyaan di awal konten Anda biasanya membantu menarik perhatian
konsumen.
Secara
umum, tantangan terbesar saat ini adalah cara menarik dan menjaga perhatian
orang saat mereka melihat konten Anda. Perusahaan pintar sudah menyesuaikan
konten mereka dan Anda harus melakukan hal yang sama.
3.
Memiliki
lebih banyak titik kontak pelanggan
Secara
tradisional, perusahaan biasanya hanya memiliki situs web, tetapi saat ini
konsumen menuntut lebih banyak keterlibatan dan komunikasi melalui berbagai
titik kontak dan konten sebelum mereka menganggap perusahaan Anda dapat
dipercaya.
Titik
kontak pelanggan ini juga disebut titik sentuh, dan berikut adalah contoh
bagaimana Facebook memungkinkan bisnis untuk terhubung dengan klien menggunakan
beberapa titik sentuh.
·
Bayangkan Anda berbagi informasi dan
konten dengan klien di Halaman Bisnis Facebook Anda.
·
Setelah itu, klien masuk ke Instagram dan
melihat video baru Anda yang terkait dengan konten yang sudah dia lihat di
Halaman Bisnis Facebook Anda.
·
Setelah itu, klien akan mengirimkan pesan
WhatsApp kepada Anda atau menghubungi Anda melalui aplikasi Facebook Messenger
untuk menanyakan detail lebih lanjut tentang produk Anda.
Menariknya,
semua platform yang disebutkan dalam contoh ini (Halaman Facebook, Instagram,
WhatsApp, dan Facebook Messenger) terkait dengan ekosistem Facebook. Salah satu
tujuan Facebook adalah menciptakan lebih banyak alat untuk bisnis kecil
sehingga perusahaan dapat menghasilkan lebih banyak bisnis dalam ekosistem
Facebook.
4.
Mengakui
semakin pentingnya iklan berbayar
Di
dunia sekarang ini, pelanggan berpaling dari pembelian impulsif dan ingin
mempelajari lebih lanjut tentang sebuah perusahaan sebelum membeli produknya.
Pelanggan sering kali teralihkan, tetapi ketahuilah bahwa mereka memiliki
pilihan dalam hal bisnis yang mereka pilih untuk dukung, jadi mereka cenderung
membutuhkan lebih banyak titik kontak (atau titik kontak) dengan perusahaan
tempat mereka membeli. Iklan berbayar adalah cara terbaik untuk memenuhi
kebutuhan ini.
Iklan
berbayar online, dan yang paling khusus, beriklan melalui Facebook, dapat
menawarkan cara yang bagus untuk menghasilkan prospek baru, menargetkan
pelanggan potensial yang belum berinteraksi dengan merek Anda, dan untuk tetap
berhubungan dengan pelanggan Anda saat ini, memberi tahu mereka tentang produk
tambahan atau layanan yang mungkin berguna bagi mereka.
Ini
tidak selalu tentang melakukan penjualan dengan iklan berbayar. Terkadang,
hanya memastikan bahwa pelanggan memperhatikan apa yang dilakukan perusahaan
Anda dapat meningkatkan penjualan secara tidak langsung. Dengan alat hebat
seperti iklan berbayar melalui Facebook, Anda dapat meningkatkan pengaruh
bisnis Anda, memperluas jangkauan Anda melalui konten sederhana. Beberapa
perusahaan dapat tumbuh dengan cepat tanpa menerapkan strategi periklanan
berbayar Ada biaya yang terkait dengan periklanan online, tetapi kabar baiknya
adalah Anda dapat memulai dari yang kecil dan menghitung laba Anda dengan cukup
mudah. Facebook terus meningkatkan alat mereka, dan mudah untuk mulai
menggunakannya.
5.
Mengenali
dampak besar dari realitas dunia maya bagi bisnis
Ingat
beberapa tahun yang lalu ketika Anda perlu mengunjungi situs web Facebook di
komputer desktop untuk membuka akun Facebook Anda? Saat ini, Anda dapat
melakukan hal yang sama dengan lebih cepat hanya dengan membuka aplikasi
Facebook di perangkat seluler Anda.
Namun,
di masa mendatang sangat mungkin bahwa untuk login ke Facebook, Anda akan
menggunakan headset virtual, menunjukkan konten dari teman Facebook Anda dengan
cara yang jauh lebih mendalam, membuat Anda merasa seolah-olah Anda benar-benar
ada di sana bersama teman Anda. Masih perlu waktu sebelum kita sampai di sana,
tetapi kemungkinan besar itu akan terjadi.
Saat
ini, virtual reality lebih banyak dikenal di industri game, namun kedepannya
akan memberikan peluang yang sangat besar untuk entertainment, travel, real
estate, otomotif, pendidikan, dan banyak industri lainnya. Saat ini, alat dan
perangkat lunak untuk membuat dan mengonsumsi konten untuk perangkat realitas
virtual masih agak mahal, tetapi seiring dengan turunnya harga, semakin banyak
perusahaan yang akan mulai menggunakannya.
Saat
ini, sebagian besar pemasaran dilakukan dengan gambar diam atau video 2 dimensi
(sebagian besar video yang Anda lihat online adalah dua
dimensi),
tetapi Facebook sedang mempersiapkan peluang yang lebih imersif yang
memungkinkan konsumen merasa bahwa mereka sebenarnya berada
di
suatu tempat. lain saat memakai perangkat virtual reality. Realitas virtual
akan sangat membantu perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat produk dan
layanan mereka. Implikasi dari hal ini untuk pemasaran sangat besar dan
perusahaan yang beradaptasi lebih dulu akan meraup keuntungan yang sangat besar.
6.
Belajar
memanfaatkan peluang di ekosistem Facebook
Saat
ini, Facebook adalah jejaring sosial terbesar, melayani lebih dari 1,5 juta
pengguna aktif setiap bulan, dan juga memiliki beberapa alat media sosial
lainnya, termasuk Instagram (dengan 400 juta pengguna aktif), WhatsApp (1
miliar pengguna aktif), dan Facebook Messenger (800 juta pengguna aktif).
Masing-masing alat ini memberikan cara yang unik dan ampuh untuk berinteraksi
dan terlibat dengan calon pelanggan Anda.
Facebook:
Setiap bisnis yang ingin memanfaatkan peluang pemasaran yang tersedia melalui
media sosial harus memiliki Halaman Bisnis Facebook. Penggunaan yang tepat dari
profil pribadi Facebook sangat membantu dalam branding pribadi para profesional
bisnis. Selain itu, iklan Facebook menawarkan kemungkinan tak terbatas untuk
menjangkau lebih banyak pelanggan.
Instagram:
Instagram berkembang dengan cepat dan menjadi alat yang ampuh untuk melayani
industri yang menawarkan produk visual. Alat periklanan mereka sangat efektif
untuk semua jenis bisnis.
WhatsApp:
Ini adalah alat yang luar biasa untuk menyediakan komunikasi satu-ke-satu
dengan pelanggan, terutama ketika mereka ingin mendapatkan lebih banyak
informasi sebelum melakukan pembelian. Bisnis telah melaporkan bahwa itu telah
membuat mereka lebih berhasil dalam membangun kepercayaan dan loyalitas merek
dengan pelanggan mereka. Namun, penting untuk tidak menggunakan WhatsApp untuk
pesan yang tidak diminta atau spam.
Facebook Messenger:
Facebook terus memperbarui alat ini untuk memastikannya mengoptimalkan
komunikasi antara bisnis dan pelanggan mereka. Anda dapat menggunakannya untuk
mengirim pesan teks, video, atau audio, dan alat ini akan terus dikembangkan
menuju dukungan pelanggan di masa mendatang.
7.
Manfaatkan
ledakan pertumbuhan pemasaran video di Facebook
Video
bisa menjadi alat yang sangat efektif untuk mendapatkan kepercayaan dan
kredibilitas dengan pelanggan Anda. Dalam banyak kasus,
konsumen
lebih nyaman membuat keputusan pembelian jika mereka sudah dapat melihat video
tentang produk atau layanan sebelumnya. Di
masa
lalu, tidak banyak peluang bagi konsumen untuk melihat video, karena kecepatan
koneksi Internet yang rendah, tetapi sekarang, kemungkinan pemasaran video
telah meningkat secara drastis, terutama untuk pemirsa seluler.
Perluas jangkauan bisnis Anda melalui
konten video: Facebook mempromosikan video konten di
atas konten yang lebih statis, seperti foto atau pembaruan status, memungkinkan
konten video menjangkau lebih banyak pengguna.
Ciptakan transparansi melalui
streaming video langsung: Salah satu alat baru dari Facebook adalah
aplikasi Facebook Mentions, yang memungkinkan bisnis memposting video langsung.
Ini adalah cara yang bagus untuk memungkinkan pelanggan Anda melihat Anda
menanggapi pertanyaan, menunjukkan demo produk, atau memberikan tampilan di
belakang
layar kantor Anda, menciptakan rasa transparansi.
Buat pelanggan terkesan dengan video
360 derajat yang kaya: Berikan pelanggan Anda keseluruhan cara
baru untuk melihat perusahaan Anda melalui Umpan Berita mereka. Dengan alat
ini, pengguna dapat mengontrol video dan dapat bergerak di sekitar ruangan
dengan memiringkan ponsel atau mengkliknya di desktop. Ini adalah cara yang
bagus untuk hotel dan bisnis berbasis lokasi lainnya untuk memberikan visual
yang kuat.
Tingkatkan konversi penjualan melalui
iklan video: Iklan video bisa jadi adilmurah dan
menawarkan banyak kemungkinan, termasuk demonstrasi produk sederhana dan video
testimonial. Dengan jangkauan yang bagus dan tidak banyak persaingan, Anda
dapat meningkatkan penjualan Anda secara dramatis saat menggunakan iklan video
Facebook.
8.
Tidak
perlu situs web: manfaatkan alat bisnis baru dari Facebook
Halaman
Bisnis Facebook: Alat ini telah ada di Facebook selama beberapa waktu, tetapi
fitur-fitur baru selalu tersedia.Halaman Bisnis Facebook menggantikan halaman
arahan tradisional sebagai metode utama bagi pengguna Facebook untuk
berinteraksi dengan bisnis.
Iklan Lokal Facebook:
Iklan ini menyertakan ajakan bertindak langsung, sehingga pelanggan dapat
melihat iklan dan merespons secara langsung, meminta penawaran, melakukan
reservasi, atau melakukan sejumlah tindakan yang biasanya memerlukan situs web
terpisah.
Layanan
Lokal Facebook: Di alat ini, Facebook menyediakan daftar bisnis lokal yang
ulasannya dapat diberikan oleh pelanggan. Ini mirip dengan layanan yang
ditawarkan oleh Yelp dan Google Local, tetapi digerakkan oleh Facebook.
9.
Tidak
perlu nomor telepon - manfaatkan alat komunikasi dengan Facebook Messenger dan
WhatsApp
Cara
konsumen berkomunikasi berubah dengan cepat, karena alat baru tersedia yang
memungkinkan interaksi yang cepat dan bermakna. Alat olahpesan instan untuk
perangkat seluler telah tumbuh secara eksponensial, dan seiring dengan itu,
alat seperti Facebook Messenger (dengan lebih dari 800 juta pengguna) dan
WhatsApp milik Facebook (dengan lebih dari 1 miliar pengguna) juga tumbuh.
Selain
itu, layanan Businesses on Messenger baru sekarang tersedia melalui Facebook
untuk perusahaan tertentu di Amerika Serikat. Layanan ini memungkinkan bisnis
untuk membuat tata letak pesan khusus dan menyediakan alat dukungan pelanggan
yang lebih baik. Informasi lebih lanjut tentang alat yang berguna ini akan
tersedia di akhir buku ini.
10. Analisis hasil Anda di ekosistem
Facebook
Mulailah
menganalisis hasil Anda sejak Anda mulai menggunakan Facebook untuk bisnis
Anda. Ada beberapa cara untuk melakukannya:
a. Pada
halaman bisnis Anda, lihat jenis konten apa yang memiliki paling banyak
interaksi dan gunakan informasi ini untuk membuat konten di masa mendatang.
b. Dengan
kampanye iklan Facebook, lacak iklan yang berjalan dengan baik dan sesuaikan
atau hapus iklan yang tidak efektif.
c. Untuk
pemasaran video, lihat tingkat retensi video untuk mengetahui berapa banyak
pengguna yang menonton video sampai selesai.
d. Dengan
WhatsApp dan Facebook Messenger, perhatikan jumlah kontak yang diterima bisnis
Anda, berapa banyak pembelian yang dihasilkan dari interaksi Anda, dan kualitas
prospek (atau calon pembeli) yang datang dari kontak Anda.
Comments
Post a Comment