Komponen Sistem Informasi
Pemasaran Modern
Tanggung
jawab utama untuk mengidentifikasi perubahan pasar yang signifikan berada di
tangan pemasar perusahaan. Pemasar memiliki dua keuntungan untuk tugas tersebut:
metode disiplin untuk mengumpulkan informasi, dan waktu yang dihabiskan untuk
berinteraksi dengan pelanggan dan mengamati pesaing dan kelompok luar lainnya.
Beberapa perusahaan memiliki sistem informasi pemasaran yang memberikan detail
yang kaya tentang keinginan, preferensi, dan perilaku pembeli.
Catatan Internal
Untuk menemukan peluang
penting dan potensi masalah, manajer pemasaran mengandalkan laporan internal
pesanan, penjualan, harga, biaya, tingkat inventaris, piutang, dan hutang.
Siklus Order-to-Payment
Inti dari sistem
pencatatan internal adalah siklus pesanan-hingga-pembayaran. Perwakilan
penjualan, dealer, dan pelanggan mengirim pesanan ke perusahaan. Bagian
penjualan menyiapkan faktur, mengirimkan salinan ke berbagai departemen, dan
memesan kembali barang yang stoknya habis.
Kelompok Fosil
Fossil Group Australia mendesain dan mendistribusikan aksesori dan pakaian
secara global. Eksekutif akunnya tidak memiliki informasi terbaru tentang harga
dan inventaris saat menerima pesanan grosir. Barang dengan permintaan tinggi
sering kali kehabisan stok, menciptakan masalah bagi pengecer.
Sistem Informasi
Penjualan
Manajer pemasaran
membutuhkan laporan yang tepat waktu dan akurat tentang penjualan saat ini.
Walmart mengoperasikan gudang data penjualan dan inventaris yang menangkap data
pada setiap item untuk setiap pelanggan, setiap toko, setiap hari dan
memperbaruinya setiap jam. Pertimbangkan pengalaman Panasonic.
Database, Data
Warehousing, dan Data Mining
Perusahaan mengatur informasi
mereka ke dalam database pelanggan, produk, dan penjual — dan kemudian
menggabungkan datanya. Basis data pelanggan akan berisi setiap nama pelanggan,
alamat, transaksi masa lalu, dan terkadang bahkan demografi dan psikografis
(aktivitas, minat, dan pendapat).
Intelijen Pemasaran
sistem intelijen
pemasaran adalah seperangkat prosedur dan sumber yang digunakan manajer untuk
memperoleh informasi sehari-hari tentang perkembangan dalam lingkungan
pemasaran. Persediaan sistem pencatatan internal hasil data, tetapi pasokan
sistem intelijen pemasaran hal ihwal data. Manajer pemasaran mengumpulkan
intelijen pemasaran dalam berbagai cara berbeda, seperti dengan membaca buku,
surat kabar, dan publikasi perdagangan; berbicara dengan pelanggan, pemasok,
dan distributor; memantau media sosial di Internet; dan bertemu dengan manajer
perusahaan lainnya.
Sebuah perusahaan dapat
mengambil delapan kemungkinan tindakan untuk meningkatkan kuantitas dan
kualitas kecerdasan pemasarannya. Setelah menjelaskan tujuh yang pertama, kami
mencurahkan perhatian khusus pada yang kedelapan, mengumpulkan intelijen
pemasaran di Internet.
a. Melatih
dan memotivasi tenaga penjualan untuk melihat dan melaporkan perkembangan baru
b. Memotivasi
distributor, pengecer, dan perantara lainnya untuk menyampaikan intelijen
penting
c. Pekerjakan
ahli eksternal untuk mengumpulkan intelijen
d. Jaringan
internal dan eksternal
e. Siapkan
panel penasihat pelanggan
f. Manfaatkan
sumber daya data terkait pemerintah
g. Beli
informasi dari perusahaan riset dan vendor luar
Berkomunikasi dan
Bertindak tentang Intelijen Pemasaran
Di beberapa perusahaan,
staf memindai Internet dan publikasi utama, mengabstraksi berita yang relevan,
dan menyebarkan buletin berita kepada manajer pemasaran. Fungsi intelijen
kompetitif bekerja paling baik bila dikoordinasikan secara erat dengan proses
pengambilan keputusan.
Menganalisis Lingkungan
Makro
Kebutuhan dan Tren
Individu dan perusahaan
yang giat berhasil menciptakan solusi baru untuk kebutuhan yang belum
terpenuhi. Dockers diciptakan untuk memenuhi kebutuhan para baby boomer yang
tidak bisa lagi mengenakan jeans mereka dan menginginkan celana yang nyaman
secara fisik dan psikologis. Mari kita bedakan antara mode, tren, dan tren
besar.
Mengidentifikasi Kekuatan
Utama
Akhir dekade pertama abad
baru membawa serangkaian tantangan baru: penurunan tajam pasar saham, yang memengaruhi
tabungan, investasi, dan dana pensiun; meningkatkan pengangguran; skandal
perusahaan; indikasi kuat dari pemanasan global dan tanda-tanda kerusakan
lingkungan nasional lainnya; dan tentu saja, kebangkitan terorisme.
Lingkungan Demografis
Perkembangan demografis
seringkali bergerak dengan kecepatan yang dapat diprediksi. Monitor pemasar
utama adalah populasi, termasuk ukuran dan tingkat pertumbuhan penduduk di
kota, wilayah, dan negara; distribusi usia dan campuran etnis; tingkat
pendidikan; pola rumah tangga; dan karakteristik dan gerakan daerah.
Lingkungan Ekonomi
Daya beli yang tersedia
dalam suatu perekonomian bergantung pada pendapatan saat ini, harga, tabungan,
hutang, dan ketersediaan kredit. Seperti yang ditunjukkan dengan jelas oleh
penurunan ekonomi baru-baru ini, tren yang memengaruhi daya beli dapat
berdampak kuat pada bisnis, terutama bagi perusahaan yang produknya ditujukan
untuk konsumen berpenghasilan tinggi dan sensitif terhadap harga.
DISTRIBUSI PENDAPATAN
Ada empat jenis struktur industri: ekonomi subsisten seperti Papua Nugini,
dengan sedikit peluang bagi pemasar; ekonomi pengekspor bahan mentah seperti
Republik Demokratik Kongo (tembaga) dan Arab Saudi (minyak), dengan pasar yang
bagus untuk peralatan, perkakas, persediaan, dan barang mewah bagi orang kaya;
ekonomi industri seperti India, Mesir, dan Filipina, di mana kelas kaya baru
dan kelas menengah yang sedang tumbuh menuntut jenis barang baru; dan ekonomi
industri seperti Eropa Barat, dengan pasar yang kaya untuk segala jenis barang.
PENGHASILAN, SIMPANAN,
HUTANG, DAN KREDIT Pengeluaran konsumen dipengaruhi oleh
tingkat pendapatan, tingkat tabungan, praktik hutang, dan ketersediaan kredit
Lingkungan Sosiokultural
Pandangan tentang diri
kita sendiri
Tampilan orang lain
Pandangan organisasi
Pemandangan alam
Pemandangan alam semesta
Lingkungan Alam
Peraturan lingkungan
menghantam industri tertentu dengan keras. Perusahaan baja dan utilitas publik
telah menginvestasikan miliaran dolar dalam peralatan pengendalian polusi dan
bahan bakar ramah lingkungan, membuat mobil hibrida, toilet dan kamar mandi
aliran rendah, makanan organik, dan gedung perkantoran hijau menjadi kenyataan
sehari-hari.
Environmentalisme
perusahaan mengakui kebutuhan untuk mengintegrasikan masalah lingkungan ke
dalam rencana strategis perusahaan. Tren lingkungan alam yang harus diwaspadai
para pemasar meliputi kekurangan bahan baku, terutama air; peningkatan biaya
energi; peningkatan tingkat polusi; dan perubahan peran pemerintah.
Lingkungan Teknologi
Ini adalah esensi dari
kapitalisme pasar untuk menjadi dinamis dan menoleransi perusakan teknologi
yang kreatif sebagai harga kemajuan. Transistor merusak industri tabung vakum,
dan mobil merusak rel kereta api. Televisi merugikan surat kabar, dan Internet
merugikan mereka berdua.
Lingkungan Politik-Hukum
Lingkungan politik dan
hukum terdiri dari hukum, badan pemerintah, dan kelompok penekan yang
mempengaruhi berbagai
organisasi dan individu. Terkadang undang-undang ini menciptakan peluang bisnis
baru. Undang-undang daur ulang wajib telah mendorong industri daur ulang dan
meluncurkan lusinan perusahaan baru yang membuat produk baru dari bahan daur
ulang. Dua tren utama adalah peningkatan peraturan bisnis dan pertumbuhan
kelompok kepentingan khusus.
MENINGKATKAN LEGISLASI
BISNIS Undang-undang bisnis dimaksudkan untuk melindungi
perusahaan dari persaingan tidak sehat, melindungi konsumen dari praktik bisnis
yang tidak adil, melindungi masyarakat dari perilaku bisnis yang tidak
terkendali, dan menagih biaya sosial dari produk atau proses produksinya kepada
bisnis. Setiap undang-undang baru mungkin juga memiliki efek yang tidak diinginkan
dari inisiatif yang melemahkan dan memperlambat pertumbuhan.
Peramalan dan Permintaan
Pengukuran
Memahami lingkungan
pemasaran dan melakukan riset pemasaran dapat membantu mengidentifikasi peluang
pemasaran. Perusahaan kemudian harus mengukur dan memperkirakan ukuran,
pertumbuhan, dan potensi keuntungan dari setiap peluang baru.
Ukuran Permintaan Pasar
Ada banyak cara produktif
untuk mendobrak pasar:
· Itu
pasar potensial adalah sekumpulan konsumen dengan tingkat minat yang cukup pada
penawaran pasar. Akan tetapi, minat mereka tidak cukup untuk menentukan pasar
kecuali mereka juga memiliki pendapatan yang cukup dan akses ke produk.
· Itu
pasar yang tersedia adalah kumpulan konsumen yang memiliki minat, pendapatan,
dan akses ke penawaran tertentu. Perusahaan atau pemerintah dapat membatasi
penjualan untuk kelompok tertentu; negara bagian tertentu mungkin melarang
penjualan sepeda motor kepada siapa pun yang berusia di bawah 21 tahun. Orang
dewasa yang memenuhi syarat merupakan pasar yang tersedia berkualitas —Set
konsumen yang memiliki minat, pendapatan, akses, dan kualifikasi untuk
penawaran pasar.
· Itu
sasaran pasar adalah bagian dari pasar tersedia yang memenuhi syarat yang
diputuskan untuk dikejar perusahaan. Perusahaan mungkin memusatkan usaha
pemasaran dan distribusinya di Pantai Timur.
· Itu
menembus pasar adalah kumpulan konsumen yang membeli produk perusahaan.
Kosakata untuk Pengukuran
Permintaan
Konsep utama dalam
pengukuran permintaan adalah permintaan pasar dan permintaan perusahaan. Dalam
masing-masing, kami membedakan antara fungsi permintaan, perkiraan penjualan,
dan potensi.
POTENSI PASAR
Perkiraan pasar menunjukkan diharapkan permintaan pasar, bukan permintaan pasar
yang maksimal. Untuk yang terakhir, kita perlu memvisualisasikan tingkat
permintaan pasar yang dihasilkan dari tingkat pengeluaran pemasaran industri
yang sangat tinggi, di mana peningkatan lebih lanjut dalam upaya pemasaran akan
berdampak kecil. Potensi pasar adalah batas yang didekati oleh permintaan pasar
karena pengeluaran pemasaran industri mendekati tak terhingga untuk lingkungan
pemasaran tertentu.
Permintaan perusahaan
adalah perkiraan pangsa permintaan pasar perusahaan pada tingkat alternatif
upaya pemasaran perusahaan dalam periode waktu tertentu. Itu tergantung pada
bagaimana produk, layanan, harga, dan komunikasi perusahaan dianggap relatif
terhadap pesaing.
Perkiraan penjualan
perusahaan adalah tingkat penjualan perusahaan yang diharapkan
berdasarkan rencana pemasaran yang dipilih dan lingkungan pemasaran yang
diasumsikan.
Potensi penjualan
perusahaan adalah batas penjualan yang didekati oleh permintaan perusahaan
karena upaya pemasaran perusahaan meningkat relatif terhadap pesaing. Batasan
mutlak permintaan perusahaan tentu saja adalah potensi pasar. Keduanya akan
sama jika perusahaan mendapatkan 100 persen pasar.
Potensi pasar total
adalah penjualan maksimum yang tersedia untuk semua perusahaan dalam suatu
industri selama periode tertentu, di bawah tingkat upaya pemasaran industri dan
kondisi lingkungan tertentu. Cara umum untukmemperkirakan potensi pasar total
adalah dengan mengalikan jumlah pembeli potensial dengan jumlah rata-rata
setiap pembelian, dikalikan harga.
Memperkirakan Permintaan
Masa Depan
Perusahaan biasanya
menyiapkan prakiraan makroekonomi terlebih dahulu, diikuti oleh prakiraan
industri, diikuti dengan prakiraan penjualan perusahaan. Perkiraan ekonomi
makro memproyeksikan inflasi, pengangguran, suku bunga, belanja konsumen,
investasi bisnis, pengeluaran pemerintah, ekspor bersih, dan variabel lain.
Hasil akhirnya adalah perkiraan produk domestik bruto (PDB), yang digunakan
perusahaan, bersama dengan indikator lingkungan lainnya, untuk meramalkan
penjualan industri. Perusahaan memperoleh perkiraan penjualannya dengan asumsi
akan memenangkan pangsa pasar tertentu.
Comments
Post a Comment