Skip to main content

MANFAAT KEUNTUNGAN DAN FAKTOR PENDORONG PERDAGANGAN INTERNASIONAL

 


PENGERTIAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL

Perdagangan merupakan kegiatan tukar-menukar barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan bersama. Perdagangan Internasional adalah suatu kegiatan tukar-menukar barang atau jasa yang didasarkan atas kehendak sukarela yang dilakukan antara dua negara atau lebih untuk memenuhi kebutuhan bersama melalui kegiatan ekspor dan impor. Dari kegiatan ekspor impor tersebut dapat terjadi tiga kemungkinan yaitu :

a. Jumlah ekspor lebih besar daripada impor.

b. Jumlah ekspor lebih kecil daripada impor.

c. Jumlah ekspor setara dengan jumlah impor

MANFAAT PERDAGANGAN INTERNASIONAL

 Dalam era globalisasi dari perdagangan bebas ini tidak satu pun negara yang hidup terisolasi tanpa mempunyai hubungan ekonomi dengan negara lain. Dengan demikian perdagangan internasional adalah merupakan suatu kebutuhan yang harus di penuhi oleh setiap negara. Perdagangan Internasional akan memberikan beberapa manfaat sebagai berikut :

a.       Meningkatkan pendapatan negara, dengan adanya ekspor barang atau jasa maka akan memperoleh devisa, devisa merupakan sumber pendapatan negara.

b.       Memperluas lapangan pekerjaan, dengan adanya ekspor akan meningkatkan produksi dalam negeri, dan membuka kesempatan kerja baru.

c.       Mencukupi kebutuhan (barang dan jasa) yang belum/tidak dapat dipenuhi di dalam negeri. Dengan adanya impor barang atau jasa, maka akan dapat memenuhi kebutuhan di dalam negeri.

d.       Menjaga stabilitas harga dalam negeri. Kurangya produk dalam negeri akan mengakibatkan naiknya harga produk, hal ini (naiknya harga) bisa ditekan dengan adanya impor dari negara lain.

e.       Adanya alih teknologi Tidak semua negara mampu memproduksi produknya karena keterbatasan teknologi yang dimiliki. Dengan adanya perdagangan internasional keterbatasan teknologi tersebut dapat diatasi.

f.        Mendorong pertumbuhan/perkembangan dunia usaha. Adanya ekspor barang atau jasa akan menambah jumlah produk yang harus dihasilkan oleh perusahaan dunia usaha dalam negeri, ini berarti mendorong dunia usaha dalam negeri sebaliknya adanya impor (misal bahan baku) akan menggairahkan juga dunia usaha dalam negeri.

FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG TERJADINYA PERDAGANGAN INTERNASIONAL.

Beberapa hal yang mendorong terjadinya perdagangan internasional, sebagai berikut.

a. Terwujudnya kemakmuran bagi masyarakat. Adanya kegiatan ekspor, impor diarahkan untuk dapat meningkatkan masyarakat, sehingga terciptalah kemakmuran bagi masyarakat. Kegiatan ekspor tetap ditingkatkan.

b. Perbedaan sumber daya alam. Perbedaan sumber daya alam misalnya Indonesia kaya karet, kopi, teh, beras dan lain-lain. Negara lain misalnya Jepang punya mobil Toyota, oleh karena masing-masing saling membutuhkan barang-barang tersebut maka terjadilah perdagangan internasional.

c. Adanya Spesifikasi Adanya spesifikasi memungkinkan lebih efisiennya biaya produk, sehingga harga lebih murah walaupun suatu negara dapat menghasilkan sendiri, tetapi karena negara lain dipandang lebih murah maka hal ini dapat menyebabkan terjadinya perdagangan internasional.

d. Selera Karena masyarakat Indonesia menginginkan (berselera) terhadap apel Amerika Serikat maka mengimpornya, padahal pemerintah Indonesia mampu menghasilkan buah-buahan. Demikian pula sebaliknya bagi masyarakat di luar negeri yang menginginkan/membutuhkan barang dari Indonesia.

e. Perbedaan Teknologi Banyak negara yang sudah memiliki teknologi canggih, sebaliknya juga tidak jarang yang teknologinya rendah. Perbedaan teknologi yang dimiliki suatu negara akan mendorong terjadinya perdagangan internasional.

MACAM-MACAM PERDAGANGAN INTERNASIONAL

 Bilamana dilihat dari kawasan-kawasan atau negara-negara yang terlibat dalam perdagangan internasional, maka perdagangan internasional dapat dibedakan menjadi 3 yaitu:

a.       Perdagangan Bilateral Adalah perdagangan yang dilakukan antardua negara.

b.       Perdagangan Regional Adalah perdagangan yang dilakukan oleh negara-negara yang berada dalam satu kawasan tertentu, misalnya negara-negara ASEAN.

c.       Perdagangan Multilateral Adalah perdagangan yang dilakukan oleh lebih dari dua negara yang tidak terbatas pada kawasan tertentu.

Comments

Popular posts from this blog

Penghargaan Intrinsik dan Ekstrinsik

Penghargaan Intrinsik dan Ekstrinsik Penghargaan Intrinsik diartikan sebagai penghargaan yang didapatkan bisa melalui pribadi itu sendiri oleh seseorang. Hal ini bisa membuat perasaan puasa tau bisa juga sebagai terima kasih dan perasaan yang begitu bangga dengan pekerjaan yang telah dilakukan dengan tepat oleh karyawan. Kemudian penghargaan Ekstrinsik ialah  penghargaan yang ditimbulkan dari luar orang tersebut, contohnya salah seorang karyawan yang mendapat pujian dari atasannya. penghargaan Intrinsik maupun ekstrinsik sama-sama mempunyai nilai tersendiri. Penghargaan Ekstrinsik Penghargaan Finansial : Gaji dan Upah Uang merupakan penghargaan ekstrinsik yang utama. Ini merupakan tantangan yang sulit bagi manajer. Lain halnya apabila seroang karyawan dapat melihat hubungan antara kinerja dan kenaikan yang diberikan, uang tidak akan menjadi motivator yang kuat. Beberapa perusahaan menggunakan berbagai strategi cara dalam merencakan insentif agar bisa memotivasi karyawannya. Seroang ah

20 Easy Home Decor Ideas That Will Instantly Transform Your Space

  If your home is due for a design update but you have a limited budget and even less time, you're in the right place. We thought of 20 home décor ideas to help you start. With something as simple as an accent wall, colorful light bulb, or new throw pillow (or forty seven other home décor ideas if those aren't up your redecorating alley), your entire space can feel fresh, on-trend but timeless, and refined. You can tackle each of these decorating ideas in one day, even though the results will look like it took way longer to pull off.   Set Up a Cozy Reading Spot Heidi Caillier Design No designated reading nook? No problem. If your home doesn't have any leftover real estate to convert into a reading nook, design your formal living room to serve double duty as a cozy lounge area. Here, Heidi Caillier strategically chose furniture with fabrics and shapes that are both so

Understanding and Managing Individual Behavior - how to focus and goals of organizational behavio

  Focus of Organizational Behavior Based predominantly on contributions from psychologists, this area includes such topics as attitudes, personality, perception, learning, and motivation. Second, OB is concerned with group behavior, which includes norms, roles, team building, leadership, and conict. Our knowledge about groups comes basically from the work of sociologists and social psychologists. Finally, OB also looks at organizational aspects including structure, culture, and human resource policies and practices. We’ve addressed group and organizational aspects in previous chapters. In this chapter, we’ll look at individual behavior. Goals of Organizational Behavior The goals of OB are to explain, predict, and influence behavior. Managers need to be able to explain why employees engage in some behaviors rather than others, predict how employees will respond to various actions and decisions, and influence how employees behave. The cognitive component refers to the beliefs, opinions,